Gus Miftah Ungkap Ingin Sungkem dan Minta Maaf Kepada Dorce Gamalama

Nurfikas

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Akibat terpapar Covid-19 Dorce Gamalama meninggal dunia saat dirawat di RSPP Simprug, Jakarta, pada Rabu (16/2/2022) pagi tadi.

Beberapa hari sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Dorce sempat bergelut dengan kontroversi terkait cara dia dimakamkan. Keinginannya untuk dimakamkan sebagai perempuan mendapat perbedaan pendapat dari berbagai pihak, termasuk ulama.

Salah satunya adalah Gus Miftah yang mengatakan bahwa wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan menyalahi kodrat. Di lain hal, keinginannya ini bertentangan dengan fiqih.

"Kita lihat dulu status transgender dalam Islam. Dalam Surat Al Hujurat, Allah menciptakan jenis kelamin cuma dua. Laki-laki dan perempuan," ujar Gus Miftah dalam tayangan YouTube, pada 30 Januari 2021.

Sehari setelahnya, Dorce menanggapi berbagai komentar ustadz terkait wasiatnya. Menurut Dorce, urusan kematiannya biarlah menjadi kewenangan keluarganya.

"Kepada Kyai, Ustadz-ustadz, yang telah menerangkan keadaan mati saya. Siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan menguburkan saya, biarkanlah keluarga saya yang nanti akan mengurusnya," kata Dorce Gamalama, Senin (31/1/2022). 

"Mau kain kafannya 7 lapis, 8 lapis, saya serahkan kepada yang ngurus. Yang ngurus laki-laki boleh, perempuan boleh, laki-laki perempuan boleh, siapa saja boleh yang memandikan saya," lanjutnya.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network