Desakan Polri Mereformasi Diri Menguat, Presiden Jokowi Tegur Gaya Hidup Mewah Polisi, Rem Semua!

Binti Mufarida, Edi Purwanto, Koran SINDO

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas juga prihatin dengan penangkapan Irjen Pol Teddy Minahasa terkait kasus dugaan peredaran narkoba. Kasus ini membuat masyarakat pesimistis akan pemberantasan narkoba di Indonesia. “Benarbenar memprihatinkan, seorang kapolda telah terbukti mengonsumsi narkoba, padahal tugasnya menangkap orang yang memakainya. Yang lebih memprihatinkan lagi, ternyata yang bersangkutan juga telah ikut memperdagangkan barang terlarang yang dia sita,” katanya.

Ketua PP Muhammadiyah ini mengatakan, kasus tersebut memperbesar ketidakyakinan masyarakat terhadap Polri, terutama dalam mencegah penyebaran narkoba. Sebab, oknum kepolisian yang dipercaya sebagai penegak hukum ikut memperdagangkan narkoba. “Jadi, dari peristiwa ini terbuktilah rumor yang banyak beredar selama ini. Sekarang banyak masyarakat yang pesimistis masalah narkoba ini bisa diberantas karena para polisi sebagai penegak hukum yang dipercaya untuk memberantasnya ternyata juga telah ikut meraup keuntungan dari kehadiran benda haram tersebut,” tuturnya.

Anwar lantas menanyakan apakah jiwa, mentalitas, serta nasionalisme anggota Polri sudah separah itu rusaknya. Sebab, oknum tersebut dinilai telah tega merusak diri serta jiwa dari anak-anak bangsa di Indonesia. “Apakah mereka sudah tidak punya hati nurani sehingga mereka tidak lagi melihat masyarakat sebagai orang yang harus mereka bela dan lindungi, tapi lebih sebagai objek yang harus bisa mereka eksploitasi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesarbesarnya bagi diri dan kelompoknya,” gugatnya.

Jika itu yang terjadi, dia mempertanyakan dunia kepolisian saat ini terkesan sangat materialistis dan hedonistis. Walau demikian, Anwar yakin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit dapat mengatasi hal tersebut. “Hal ini tentu jelas sangat memprihatin - kan kita, tapi saya yakin dan percaya Kapolri sudah tahu hal itu semua dan sudah tahu ten - tang bagaimana cara untuk mengatasi dan menye le sai - kannya,” kata Anwar.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network