get app
inews
Aa Read Next : Update Perang Rusia-Ukraina, Indonesia Undang Putin-Zelensky Hadiri KTT G20, Upayakan Perdamaian

UPDATE Perang Rusia-Ukraina, Zelensky Bantah Kabur, Rusia Pemenang Perang?

Sabtu, 05 Maret 2022 | 15:19 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyangkal melarikan diri ke Polandia dan menegaskan masih berada di Kiev untuk melawan invasi Rusia. Foto/Instragram/@zelenskiy_official

Jumlah negara di dunia yang menyumbangkan peralatan militer dan mendukung Ukraina telah membengkak, sebagian berkat posting media sosial Zelensky yang menantang dalam menghadapi kekuatan tembakan militer Rusia yang luar biasa. Meski Kiev memberikan perlawanan sengit, kekuatan Rusia yang belum dilepaskan sepenuhnya sudah membuat kota-kota Ukrain luluh lantak. Bahkan, Moskow belum berniat untuk menghentikan operasi militernya.

Seminggu setelah serangan dimulai, pasukan Rusia merebut Kherson, kota besar pertama Ukraina yang jatuh ke tangan Moskow. Kota pelabuhan Laut Hitam berpenduduk 290.000 orang itu direbut pada hari Kamis setelah pengepungan tiga hari yang membuatnya kekurangan makanan dan obat-obatan. Pasukan Rusia juga menekan kota pelabuhan lain, Mariupol di timur Kherson, yang tanpa air atau listrik di musim dingin.

“Mereka mencoba membuat blokade di sini, seperti di Leningrad,” kata Wali Kota Mariupol Vadym Boichenko, merujuk pada pengepungan brutal Nazi di kota kedua Rusia, yang sekarang dinamai Saint Petersburg. Ada kekhawatiran ratusan orang mungkin tewas setelah lebih dari 15 jam pengeboman terus-menerus di kota itu. Wakil Wali Kota Sergei Orlov mengatakan kepada BBC pada hari Kamis bahwa satu distrik, yang biasanya berpenduduk 130.000 orang, telah hampir hancur total.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut