get app
inews
Aa Read Next : Breaking News, Gempa Bumi Dahsyat Magnitudo 7,7 Kembali Guncang Turki

Dikabarkan Diracun, Abramovich Mengejutkan Muncul di Perundingan Damai Rusia-Ukraina di Turki

Rabu, 30 Maret 2022 | 14:32 WIB
header img
Miliarder Rusia Roman Abramovich terlihat hadir saat pembicaraan damai Rusia-Ukraina di Istanbul, Turki, 29 Maret 2022. (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNewsMadiun.id - Konglomerat minyak Rusia Roman Abramovich secara mengejutkan muncul di Istanbul pada pembicaraan damai langsung pertama antara negosiator Rusia dan Ukraina yang diadakan di Istanbul, Turki pada Selasa (29/3/2022).

Dalam video yang ditayangkan kantor kepresidenan Turki, kedua tim perunding duduk berhadap-hadapan di meja panjang di kantor yang terletak di kompleks Istana Utsmani.

Tidak diketahui secara pasti apa peran Abramovich, tetapi berbagai tanda bermunculan bahwa sejak awal perang bahwa dia berupaya mendorong perundingan. Bulan ini Abramovich melakukan kunjungan ke Ukraina, Rusia, Turki dan Israel, dengan dua kapal pesiar mewah miliknya ditambatkan di daerah wisata Turki.

Kehadiran Abramovich membuat terkejut setidaknya satu diplomat Ukraina.

Moskow mengatakan sang miliarder berada di forum tersebut tidak sebagai perunding resmi, melainkan hanya perantara.

Juru bicara Abramovich tidak menjawab permintaan komentar.

Sebelumnya, Wall Street Journal (WSJ) dan outlet investigasi Bellingcat, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, melaporkan bahwa Abramovich dan dua negosiator Ukraina menderita gejala dugaan keracunan setelah pertemuan di Kiev.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak laporan peracunan itu sebagai tidak benar dan bagian dari "perang informasi".

Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa Abramovich bukan anggota resmi delegasi Rusia pada pembicaraan itu. Namun, dia mengakui bahwa pemilik klub sepakbola Chelsea FC itu hadir di sana untuk "memungkinkan kontak tertentu" antara kedua pihak.

Kremlin mengatakan dia memainkan peran awal dalam pembicaraan tetapi prosesnya sekarang tergantung pada tim negosiasi.

Dalam pidato menjelang pembicaraan tersebut, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan kepada para delegasi bahwa waktunya telah tiba untuk hasil nyata dan bahwa kemajuan akan membuka jalan bagi pertemuan dua pemimpin negara.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut