get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Kontroversi Lagu Dangdut Ngombe Dawet, Begini Sosok Joko Tingkir Leluhur Gus Dur

Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:34 WIB
header img
Joko Tingkir disebut sebagai leluhur dari Presiden ke-RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. FOTO/IST/sindonews.com

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet belakangan menjadi perbincangan hangat publik. Pasalnya, ada sebagian pihak yang memprotes kandungan atau isi dari lirik lagu tersebut. Alasannya karena Joko Tingkir disebut sebagai leluhur dari KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur . Salah satu bentuk protes datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur.

Ketua MUI Jatim, KH Makruf Khozin mengaku keberatan tentang isi atau beberapa bagian dari lirik lagu tersebut. Menurutnya, sosok Joko Tingkir adalah ulama dari tanah Jawa yang sangat dihormati, sehingga kemuliaannya harus tetap dijaga.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Joko Tingkir ini? Dikutip dari Repository UIN Jakarta, Joko Tingkir merupakan putra Ki Ageng Pengging, seorang keturunan Raja Majapahit yang menjadi tuan tanah di wilayah Pengging, dekat Boyolali.

Joko Tingkir awalnya bernama Raden Mas Karebet. Sepeninggal ayah dan ibunya, dia diasuh oleh seorang janda bernama Nyi Ageng Tingkir yang tinggal di Desa Tingkir, lereng gunung dekat Salatiga. Hal inilah yang mendasari awal mula Raden Mas Karebet dipanggil Jaka Tingkir yang berarti pemuda dari Tingkir.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut