get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Terungkap Kemegahan Arsitektur Istana Kerajaan Majapahit di Trowulan, Versi AI Mirip Angkor Wat

Minggu, 19 Februari 2023 | 21:38 WIB
header img
Kemegahan Istana Majapahit di Trowulan, hasil Artificial Intelligence (AI) yang diunggah akun TikTok @ainusantara. Foto/Dok. @ainusantara

MOJOKERTO, iNewsMadiun.id - Indah dan menakjubkan. Inilah arsitektur Keraton Majapahit di Trowulan. Gambaran kemegahan Keraton Majapahit terungkap dari hasil kecerdasan buatan (AI) yang diunggah oleh akun TikTok @ainusantara. Dalam unggahannya, @ainusantara menayangkan video berdurasi 20 detik yang memperlihatkan beberapa set foto Keraton Majapahit.

Dari video tersebut bangunannya terlihat megah, dan sangat tinggi. Unggahan tersebut dilengkapi dengan caption bertuliskan "Saya minta AI buat 'Majapahit Capital City' #majapahit #artificialintelligence", disukai 62.000 pengguna TikTok dan dikomentari 1.248 orang.

Video yang menggambarkan keagungan Istana Majapahit itu dikomentari oleh akun @Humanity is shit: "Kalau dilihat dari desainnya, tidak terlalu jauh dari Angkorwat di Kamboja. Tapi ya...satu region juga terpengaruh", komentar @Humanity juga dikomentari oleh akun @ainusantara:

Memang benar secara budaya dan arsitektur, kalau mau membayangkan bangunan Majapahit, bisa lihat arsitektur Thailand dan Kamboja. Dilansir dari penakatolik.com, kemegahan Keraton Majapahit juga terungkap dari catatan seorang pendeta Katolik Roma yang berkunjung ke Trowulan. Tokoh agama Katolik yang berkunjung ke pusat kerajaan Majapahit ini dikenal sebagai Pastor Ordorico Mattiuzzi.

Pater Ordorico Mattiuzzi, yang hidup dari tahun 1286 sampai 1331, membuat catatan singkat tentang kehidupan orang Jawa. Pastor Mattiuzzi adalah seorang biarawan dari Ordo Fransiskan. Biarawan dari Assisi ini ditugaskan oleh Paus Yohanes XII untuk mengunjungi Rusia bagian selatan, India dan Cina,” tulis penakatolik.com.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut