get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Nisfu Syaban Jatuh pada Tanggal 8 Maret 2023, Ini Keutamaan dan Amalan yang Bisa Dikerjakan

Selasa, 07 Maret 2023 | 12:46 WIB
header img
Ilustrasi Malam Nisfu Syaban. Foto: freepik, iNews.id

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Nisfu Sya'ban jatuh pada tanggal 8 Maret 2023. Artinya, malam Rabu (8/3/2023) adalah malam Nisfu Sya'ban. Arti Nisfu Sya'ban atau dalam bahasa Arab نصف شعبان adalah Pertengahan Sya'ban.

Nisfu diartikan pertengahan, sedangkan Sya'ban adalah bulan Syaban. Sehingga, Nisfu Sya'ban dapat dipahami sebagai pertengahan bulan Syaban atau paruh bulan Syaban. Nisfu Syaban tahun ini jatuh pada tanggal 15 Sya'ban 1444 Hijriah yang bertepatan dengan 8 Maret 2023 Masehi.

Keutamaan Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban adalah  waktu yang tepat bagi umat muslim untuk memperbanyak amalan sunnah. Sebab, pada malam tersebut para malaikat pencatat amal menyerahkan seluruh catatan amal manusia ke hadapan Allah SWT. Pada malam ini juga catatan-catatan amal manusia selama satu tahun akan diganti dengan yang baru. Mengutip laman NU Online, Imam Ghazali mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh syafaat atau pertolongan. 

“Rahmat Allah SWT turun ke bumi di malam nisfu Syaban. Allah akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (H.R. Baihaqi).

Oleh karena itu, malam Nisfu Sya'ban disebut juga sebagai Laylatul Bara’ah yang artinya adalah Malam Pengampunan Dosa.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut