get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

6 Fakta Jurnalis Media Israel Masuk Makkah, Bahkan Naik Jabal Rahmah, Nomor 6 Peringatan Syeh Sudais

Sabtu, 23 Juli 2022 | 22:32 WIB
header img
Gil Tamary jurnalis non muslim keluyuran di Makkah (Screengrab: Channel 13 News)

3. Mendaki Jabal Rahmah di Arafah

Beberapa tempat suci di Kota Makkah sempat dikunjungi Tamary, di antaranya yang tampak dalam video adalah Jabal Rahmah di Arafah dan sekitar Masjidil Haram.

Jabal Rahmah sangat dihormati oleh umat Islam. Di tempat itulah Nabi Muhammad SAW menyampaikan khotbah terakhirnya 14 abad silam. Tempat itu juga menjadi lokasi berkumpul jemaah untuk melakukan puncak ibadah haji, Wukuf.

 

Dalam tayangan Tamary memperkecil suara saat berbicara ke kamera dalam Bahasa Ibrani. Dia juga terkadang menggunakan Bahasa Inggris agar tidak ketahuan sedang bekerja untuk media Israel. 

4. Dikecam Menteri Israel

Menteri Kerja Sama Regional Israel Esawi Frej mengecam keras tayangan Tamary. Meski laporannya mengangkat tema hubungan Arab-Israel, pengambilan gambar dilakukan di Kota Suci Makkah yang terlarang bagi non-Muslim.

“Saya minta maaf, (tapi aksi Tamary) itu adalah hal yang bodoh untuk dilakukan dan dibanggakan. Menyiarkan laporan ini hanya demi mengejar rating adalah tindakan yang tak bertanggung jawab dan merusak,” kata Frej. 

Menurut Frej, liputan itu merugikan upaya yang didorong AS untuk secara bertahap menormalisasi hubungan Israel dan Arab Saudi, seperti sudah dilakukan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan negara lainnya.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut