Kesaksian Warga Sipil ungkap Kekejaman Tentara Rusia di Bucha

Rahman Asmardika
Jasad warga sipil yang menurut pejabat Ukraina dibunuh tentara Rusia dan digali dari kuburan massal, 8 April 2022. (Foto: Reuters)

Berjalan berkeliling Bucha, The Associated Press bertemu dengan dua lusin saksi pendudukan Rusia. Hampir semua orang mengatakan mereka melihat sesosok tubuh, terkadang beberapa lagi. Warga sipil terbunuh, kebanyakan laki-laki, kadang-kadang diambil secara acak. Banyak, termasuk orang tua, mengatakan bahwa mereka sendiri diancam.

Pertanyaan yang ingin dijawab oleh para penyintas, penyelidik, dan dunia adalah “mengapa”. Ukraina telah melihat kengerian Mariupol, Kharkiv, Chernihiv dan Irpin di dekatnya. Tapi pemandangan yang terlihat di Bucha, kota berjarak satu jam perjalanan dari Kiev telah membakar diri mereka ke dalam kesadaran global tidak seperti yang lain.

Pada Rabu (6/4/2022) Walikota Anatoliy Fedoruk mengatakan jumlah warga sipil yang tewas adalah 320 orang.

Vladyslav Minchenko adalah seorang seniman yang membantu mengumpulkan mayat.

“Ini jelas terlihat sangat, sangat disengaja. Tetapi sulit untuk mengetahui motivasi apa lagi di balik ini,” kata seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat minggu ini, berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian militer.

Penduduk Bucha, saat mereka keluar dari rumah dan ruang bawah tanah yang dingin, menawarkan teori. Beberapa percaya bahwa Rusia tidak siap untuk pertarungan yang panjang atau memiliki tentara yang tidak disiplin di antara mereka. Beberapa percaya bahwa penargetan dari rumah ke rumah terhadap pria yang lebih muda adalah perburuan bagi mereka yang telah berperang melawan Rusia dalam beberapa tahun terakhir di Ukraina timur yang dikuasai separatis dan telah diberikan perumahan di kota itu. Pada akhirnya, setiap bagian dari disiplin rusak.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network