Teridentifikasi 2 Warga Malang Positif Omicron, 26 Orang Awasi Ketat

Nurfikas
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif

MALANG, iNewsMadiun.id - Terkofirmasi ada dua warga Kota Malang positif Omicron. Kedua pasien tersebut sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani karantina selama 11 hari. Dan Dinas Kesehatan Kota Malang mulai melakukan pelacakan atau tracing kepada 26 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan keduanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif mengatakan dua pasien Omicron terdeteksi setelah ditemukan kontak erat dengan pasien lainnya. Tetapi, Husnul tak menjelaskan pasien mana yang dimaksud. Dia juga menegaskan kedua pasien tersebut tidak ada kaitannya dengan satu pasien yang sempat melakukan karantina mandiri di rumah Jalan Borobudur, Kota Malang.

"Dia kontak erat, pokok dua itu, (sekarang) isolasi mandiri. Tidak ada (kaitannya dengan kasus Omicron di Jalan Borobudur)," ucapnya, Senin (24/1/2022). 

Kini pihak Dinkes Kota Malang masih melakukan pengawasan kepada dua pasien Omicron yang tengah berada di rumah masing-masing. Keduanya dinyatakan tak mengalami gejala. "Karena tidak ada gejala yaitu meningkatkan imunitas asupan yang cukup istirahat yang cukup," tuturnya.

Dari kedua pasien tersebut, pihaknya juga telah melakukan pelacakan atau tracing kepada 26 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan keduanya. "Ada 12 untuk satu, yang satu 14 semuanya negatif," tuturnya. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, kendati ada tren kenaikan kasus Covid-19 di Kota Malang, namun okupansi rumah sakit masih terpantau landai. Mengingat para pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, mayoritas menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing.

"Fluktuasi rumah sakit sampai saat ini masih terpantau dan landai. Memang dianjurkan oleh kementerian, bagi OTG (Orang Tanpa Gejala) isolasi mandiri di rumah masing-masing, karena rata-rata mereka tidak ada gejala," beber Sutiaji.

"Sehingga kami hari ini yng sudah sembuh itu 15 dari 82 paparan itu. Hari ini pun kami juga lakukan swab lagi percepatan sehingga nilai kesembuhan semuanya bisa kita ketahui," katanya. 

Di Kota Malang sendiri hingga Senin pagi terdapat 82 kasus aktif Covid-19, dua di antaranya merupakan varian Omicron. Kasus Covid-19 di Kota Malang sendiri masih fluktuatif dari hari ke hari.

Dalam empat hari terakhir sejak Kamis 20 Januari 2022 sudah ada penambahan 57 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga Senin pagi total ada sebanyak 15.702 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, dengan rincian kasus aktif 82, pasien sembuh 14.524 orang, dan pasien meninggal mencapai 1.133 orang, jumlah ini merupakan total akumulasi sejak awal kemunculan Covid-19 di Kota Malang. iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network