get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Sepenggal Kisah Kerajaan di Nusantara sebelum Masehi dan Awal Mula Penduduk Pulau Jawa

Kamis, 21 Juli 2022 | 06:40 WIB
header img
Peninggalan kerajaan di Pulau Jawa. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Kitab kuno mencatat sebelum berdirinya kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Jawa, pernah ada kerajaan yang berdiri sebelum Masehi.

Kerajaan ini berlokasi di daerah Singosari, Malang, Jawa Timur dan konon menjadi bagian dari sejarah awal mula Pulau Jawa dihuni manusia pada tahun 100 sebelum Masehi (SM).

Tapi jauh sebelum itu, konon pulau terpadat di Indonesia ini penduduknya didatangkan dari luar negeri. Hal ini berdasarkan pada beberapa sumber kuno yang dikutip dari buku "Babad Tanah Jawi" yang ditulis Soedjipto Abimanyu. 

Sumber kuno mengisahkan para penghuni ini berasal daerah Turki, tetapi ada yang menyebut berasal dari daerah Dekhan, India

Dikisahkan saat itu penduduk Raja Rum pada tahun 350 SM konon mengirimkan perpindahan penduduknya sebanyak 20.000 laki-laki dan 20.000 perempuan yang dipimpin oleh Aji Keler. 

Pengiriman ini konon merupakan misi kedua setelah misi pertamanya pada tahun 450 SM gagal. Saat itu seluruh utusan dari luar negeri terpaksa kembali dengan tangan hampa.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut