Khofiffah Datang ke Jember, Hibur Korban Banjir Bandang

Edi Pur
Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau lokasi banjir bandang di Jember, Senin (10/1/2022) sore. (istimewa).

JEMBER, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Senin (10/1/2022), meninjau beberapa lokasi terdampak banjir bandang di wilayah Kabupaten Jember. Kunjungan diawali dari Perumahan Bumi Mangli Permai dan melihat  lokasi terdampak di wilayah RT 4 RW 13.

Banjir bandang di Kabupaten Jember pada Minggu (9/1/2022) sore. Akibatnya 440 rumah rusak di wilayah Kecamatan Kaliwates dan Rambipuji dan berdampak pada 1.668 warga. Tiga warga juga ditemukan meninggal dunia dalam bencana tersebut. 

"Yang sabar nggeh. Bapak ibu sehat sehat nggeh kami upayakan dan identifikasi kerusakan fasilitas umum agar segera diperbaiki," kata Khofifah kepada warga. 

Khofifah menyampaikan bahwa kehadirannya di Jember untuk mengidentifikasi dan menyiapkan terkait kebutuhan warga akibat dampak banjir bandang. Apalagi, pasca banjir bandang  biasanya diikuti pasir dan lumpur yang harus segera dibersihkan. "Pemkab Jember juga menyiapkan Damkar untuk pembersihan endapan lumpur maupun material," ujar Khofifah. 

Seusai melihat dan berinteraksi dengan warga, Khofifah menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan sesuai peringatan dini yang dikeluakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Utamanya, ditengah adanya Fenomena La Nina disertai ancaman bencana Hidrometeorologi. 

"Kebetulan di Perumahan Bumi Mangli Permai ini terjadi banjir bandang dan banyak rumah serta  infrastruktur jalan yang rusak," tuturnya. 

Saat meninjau Sungai Semangir, Khofifah menerjunkan tim dari Dinas PU Pengairan dengan memasang bronjong. Selanjutnya ada tim lain dari Dinas PU Bina Marga bersama tim dari Pemkab Jember melakukan asesment mempercepat infrastruktur jalan. "Harapannya, masyarakat bisa segera beraktifitas dan kegiatan ekonomi masyarakat bisa bergerak," tandas Khofifah. 

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network