Gotong Royong Ternyata Masih Ada, Rumah Guru Playgroup Akhirnya Berdiri Tegak

Nurfikas
Warga gotong royong membangun rumah baru untuk guru playgroup Siti Maimunah, Senin (24/1/2022). (Foto: iNews.id/Ahmad Subekhi).

PONOROGO, iNewsMadiun.id - Siti Maimunah guru playgroup yang sempat viral karena video rumahnya yang lapuk dan nyaris roboh tersebar di media sosial. Warga Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo gotong royong mambangun rumah baru untuk guru playgroup 

Tak hanya warga sekitar, empati juga datang dari berbagai daerah di Ponorogo dengan memberikan bantuan semen, pasir, kayu dan meterial lain untuk pembangunan rumah bagi Maimunah. 

Pada video itu rumah Bu Mai, panggilan akrab Siti Maimunah sudah terlihat rapuh. Seluruh bagian dinding sudah lapuk dan retak. Bahkan bagian dinding luar harus disangga dengan kayu kayu karena sudah miring. 

Sementara atap juga banyak yang lubang karena kayu lapuk. Akibatnya, setiap kali turun hujan, air selalu masuk ke dalam rumah. "Kami juga biasanya keluar kalau hujan. Nunggu di teras. Sebab, takut roboh," kata Maimunah, Senin (24/1/2022). 

Maimunah mengaku trauma, sebab, setahun lalu sebagian bangunan rumahnya juga roboh karena diterjang hujan dan angin kencang. Dia khawatir, hal itu terulang dan menimbulkan petaka. "Pengennya diperbaiki, tapi belum bisa. Uangnya tidak ada," katanya.

Sebab, insentif sebagai guru playgroup tidak seberapa. Sementara suaminya juga hanya bekerja sebagai kuli banguna. "Namanya kuli ya kadang ada kerjaan kadang nggak ada. Kalau ada uang, hanya cukup untuk makan," kata suami dari Rofii ini. 

Kini kesedihannya telah terobati, sebab, warga dan donatur telah menghimpun dana untuk membangunkan rumah baru, tepat di depan rumah lama yang lapuk. Tak hanya itu, warga sekitar juga datang dengan sukarela untuk menyumbangkan tenaganya. 

"Alhamdulillah. kami bersyukur. Terima kasih kepada warga dan semua donatur. Semoga mendapat balasan melimpah dari Allah," katanya. 

Pantauan iNews.id, aktivitas pembangunan rumah sudah dimulai, Senin (24/1/2022) pagi tadi. Warga dibantu ormas dan TNI-Polri gotong royong membangun rumah secara sukarela. 

Ketua RT MUhammad Yani mengatakan, rumah yang ditempati Maimunah bersama suami dan seorang anaknya memang sudah tidak layak dan membahayakan. Sebab, kondisinya sudah lapuk dan nyaris roboh. "Alhmdulillah setelah videonya viral semua tergerak untuk membantu," katanya. iNews Madiun


 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network