get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Kisah Nenek Wiji Kulsum Hafal Alquran 30 Juz di Usia 72 Tahun, Bagaimana Caranya?

Jum'at, 08 April 2022 | 15:55 WIB
header img
Nenek Wiji Kulsum warga Mojokerto mampu menghafalkan Alquran 30 juz setelah belajar 9 tahun. (Foto: iNews TV/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNewsMadiun.idBelajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu. Belajar sesudah besar bagai melukis di atas air. Pepatah di atas  untuk menggambarkan bagaimana pelajaran yang diberikan kepada anak usia dini akan melekat sampai usia dewasa. Atas izin Allah SWT, pepatah di atas tidak berlaku bagi seorang nenek berusia 72 tahun di Desa Mojogeneng, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Nenek bernama Wiji Kulsum mampu menghafalkan Alquran 30 juz setelah belajar selama 9 tahun.  Bukti jika Nenek Wiji Kulsum hafal Alquran ditandai dengan syahadah atau sertifikat khatam Alquran yang dikeluarkan oleh Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Pada Februari lalu, Wiji Kulsum diwisuda bersama empat lansia lainya yang juga hafal Alquran.

Ditemui di rumahnya, Wiji Kulsum berbagi resep jitu menghafalkan Alquran. Dia menuturkan, setiap pagi dirinya sibuk melancarkan hafalan Alquran dengan ditemani putrinya.  Sang nenek menghafal Alquran bil ghoib atau tanpa melihat mushaf. Sedangkan sang cucu menyimak hafalan tersebut dengan melihat kitab suci Alquran. Sesekali nenek Wiji lupa hafalannya, sang cucu pun dengan sigap memberitahu dan membenarkan hafalan neneknya tersebut.

Nenek Wiji mengatakan, motivasinya menghafal Alquran tidak lain adalah mencari ridha Allah. Berbagai ujian dan cobaan selama menghafal Alquran dialaminya dengan penuh kesabaran di antaranya sakit selama dua bulan dan tertabrak sepeda saat pulang dari masjid. “Ingin dapat ridho dari Allah. Sudah 9 tahun mulai menghafal Alquran sejak 2012 sampai 2022 ini. Ya hafal sedikit demi sedikit satu lembar di serot sudah satu lembar, nambahnya setengah lembar tiap dua hari sekali,” katanya, Kamis (7/4/2022).

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut