get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Madiun dan Sekitarnya, 25 Maret 2023, Adzan Maghrib Pukul 17:45 WIB

Jadwal Buka Puasa Hari Ini, Adzan Maghrib untuk Madiun dan Sekitarnya Pukul 17.38 WIB

Jum'at, 08 April 2022 | 15:32 WIB
header img
Ilustrasi Adzan Maghrib di Madiun dan sekitarnya. (Foto: Riant Subekti)

MADIUN, iNewsMadiun.id - Ibadah puasa pada Jumat (8/4/2022) sudah memasuki hari keenam bulan suci Ramadhan. Umat Islam Madiun dan sekitarnya perlu mengetahui jadwal berbuka puasa hari ini.

Berdasarkan jadwal salat dan imsakiyah yang dilansir dari Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur, jadwal buka puasa hari ini, yang ditandai dengan azan Magrib Madiun dan sekitarnya, berkumandang pada pukul 17.38 WIB. Adapun jadwal salat Isya pada pukul 18.47 WIB. 

Doa Buka Puasa Ramadhan dan artinya:

Rasulullah SAW berbuka puasa dengan membaca doa yang sebagian lafadznya berikut ini: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ حُصَيْنٍ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ ” أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: «اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ»

Artinya: Sesungguhnya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbuka membaca doa: Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthartu (HR. Abu Dawud, diriwayatkan juga oleh Al Baihaqi, Ath Thabarany, Ibnu Abi Syaibah)

Berikut doa buka puasa Ramadhan dan artinya yang bisa diamalkan: اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ . Latin: Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa 'alaa rizqika afthartu dzhaba dhomau wabtallatil uruuqu watsabatal ajru insyaallah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut