Waspada! China Berhasil Deteksi Subvarian Omicron Baru, Menular Lebih Cepat

Kunthi Fahmar Sandy, IDXChannel
China Deteksi Subvarian Omicron Baru, menular lebih cepat (FOTO:MNC Media)

Shanghai di Cina timur, muncul dari penguncian yang berlangsung sekitar dua bulan pada awal Juni. Namun terus memberlakukan pembatasan ketat, mengunci bangunan segera setelah transmisi potensial baru muncul di kota tersebut.

"Kota kami baru-baru ini terus melaporkan lebih banyak kasus positif yang ditularkan secara lokal (COVID-19) dan risiko penyebaran epidemi melalui masyarakat tetap sangat tinggi," imbuh Zhao dari komisi kesehatan Shanghai seperti dikutip.

Dia mengatakan penduduk di beberapa distrik utama Shanghai akan menjalani dua putaran tes COVID mulai 12-14 Juli. Hal tersebut dalam upaya untuk mengendalikan potensi wabah baru.

Varian Omicron BA.5, yang mendorong gelombang baru infeksi COVID-19 di luar negeri, pertama kali ditemukan di China pada 13 Mei dimana seorang pasien pria berusia 37 tahun yang terbang ke Shanghai dari Uganda. Hal tersebut menurut China Center for Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

"Varian BA.5 telah terbukti memiliki tingkat penularan yang lebih cepat dan kemampuan kekebalan yang lebih baik," kata Yuan Zhengan, anggota kelompok penasihat ahli kota tentang pencegahan COVID.

Tetapi vaksinasi masih efektif untuk mencegah BA.5 menyebabkan penyakit serius atau kematian.iNewsMadiun.id

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network