Persaingan PO Bus Semakin Ketat Seiring Datangnya Pendatang Baru

Tangguh Yudha
Persaingan perusahaan otobus (PO) di Indonesia semakin ketat seiring dengan kedatangan pendatang baru. (Foto: Instagram/Istimewa

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Persaingan perusahaan otobus (PO) di Indonesia semakin ketat. Ini seiring dengan banyaknya PO bus pendatang baru bermunculan dengan armada lebih gres dan super mewah. 

Beberapa di antaranya bahkan memiliki bus double decker, bus model sleeper rancangan perusahaan karoseri ternama, seperti Laksana, Adiputro, Tentrem. 

Kehadiran PO bus baru diakui atau tidak membuat perusahaan otobus lama ketar-ketir. Namun efek positifnya, ini memicu pelaku angkutan bus berlomba menghadirkan armada terbaik sehingga penumpang memiliki banyak pilihan. 
 

Lalu, PO bus pendatang baru mana saja yang telah menancapkan kukunya di Indonesia, berikut deretannya. 

1. Juragan 99

 

Juragan 99 merupakan PO bus yang berdiri pada 2018. PO bus yang bermarkas di Malang, Jawa Timur ini memiliki sejumlah bus mewah, mulai dari Scania, Big Bus Mercedes-Benz, hingga Jetbus 3+ Single Glass yang dijuluki Omah Sultan.

Armada bus Juragan 99 dilengkapi tipe kursi nyaman dan bisa disetel sesuai keinginan penumpang. Bus mereka juga menawarkan fasilitas TV, sandaran kaki, USB charger, toilet, smoking room, dan coffe maker.

Khusus untuk armada Omah Sultan, di bagian belakang terdapat pantry dengan dispenser, microwave, kulkas, wastafel, dan kamar mandi dengan toilet duduk. Bus juga menggunakan karpet yang empuk dari bagian depan kabin hingga ke belakang.

2. PO Borlindo

 

Selanjutnya ada perusahaan otobus Borlindo. Untuk diketahui, Borlindo merupakan PO bus yang terbilang masih muda. Didirikan pada 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. PO Borlindo salah satunya menawarkan armada bus double decker untuk penumpang.

Borlindo menggunakan bus double decker Tentrem Avante D2 yang sebelumnya juga digunakan oleh PO Harapan Jaya. Secara eksterior, Avante D2 memiliki ciri khas tampilan floating roof atau atap mengambang dengan desain elegan. Avante D2 juga memiliki bentuk kaca depan yang agak lonjong, sehingga menawarkan visibilitas baik bagi penumpang atas. Keuntungan lain dari desain muka lonjong ini adalah ruang kaki penumpang atas bagian depan jadi lebih luas.
 


Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network