Profil Rasmus Paludan, Politikus Denmark Pembakar Alquran

Edi Purwanto, Nadilla Syabriya
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 19:13 WIB
Politikus ekstrem kanan Denmark Rasmus Paludan membakar salinan kitab suci Alquran dalam demonstrasi di Stockholm, Swedia, 21 Januari 2023. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsMadiun. id - Profil Rasmus Paludan, pimpinan partai politik sayap kanan Denmark Garis Kerasyang membakar Alquran di Swedia Sabtu (21/1/2023). Aksi pembakaran ini terjadi pada saat melakukan demonstrasi di depan kedutaan Turki di Stockholm yang dipimpin oleh Rasmus Paludan. Aksi pembakaran ini dilatarbelakangi atas protes Swedia terhadap Turki yang menolak negara Nordik bergabung dengan NATO.

Siapakah sosok dari Rasmus Paludan? Politikus Rasmus Paludan adalah ekstremis sayap kanan dan politikus Denmark-Swedia yang memimpin partai sayap kanan Stram Kurs (Garis Keras) Denmark. Dia memiliki rekam jejak panjang kebencian terhadap Islam dan imigrasi di Swedia

Paludan berulangkali dan tidak kapok melakukan aksi pembakaran Alquran, tidak hanya di Swedia, tetapi juga di negara lain.Tahun lalu Paludan mengumumkan akan melakukan “tur pembakaran Alquran” selama bulan Ramadan di tempat-tempat di Swedia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Pengumuman itu memicu kerusuhan di berbagai wilayah di Swedia.

Pada 2019, Paludan membakar Alquran yang dibungkus dengan daging babi dan akunnya diblokir selama sebulan oleh Facebook setelah memuat postingan yang mengaitkan kebijakan imigrasi dan kriminalitas.

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini