get app
inews
Aa Read Next : 7 Fakta Terbaru Kasus Penembakan Brigadir J, Jenderal Bintang 2 Otak Pembunuhan

Sebut Tandatangani Berkas Hukuman Mati Membosankan, Menteri Kehakiman Mengundurkan Diri

Jum'at, 11 November 2022 | 19:30 WIB
header img
Yasuhiro Hanashi. (Foto: Reuters)

Kecaman atas komentar Hanashi menyusul kritik publik yang meluas terhadap pemerintah atas hubungan partai yang berkuasa dengan Gereja Unifikasi, sebuah kelompok yang oleh beberapa kritikus disebut sebagai aliran sesat.

Kishida telah berjuang untuk mengatasi pengungkapan hubungan yang mendalam dan lama antara partai yang berkuasa dan gereja setelah pembunuhan Juli terhadap mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Tersangka pembunuh mengatakan ibunya dibangkrutkan oleh gereja dan menyalahkan Abe karena mempromosikannya. LDP telah mengakui banyak anggota parlemen memiliki hubungan dengan gereja tetapi tidak ada hubungan organisasi dengan partai.

Menteri revitalisasi ekonomi Daishiro Yamagiwa mengundurkan diri pada 24 Oktober karena hubungannya dengan kelompok agama, tetapi Kishida mendapat kecaman karena apa yang dilihat pemilih sebagai penanganan situasi yang tertunda dan kikuk. Pengunduran Hanashi juga datang setelah Menteri Dalam Negeri Minoru Terada mengundurkan diri setelah terlibat dalam skandal dokumentasi dana politik.

Kishida dijadwalkan melakukan perjalanan ke Kamboja pada Jumat untuk pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) plus 3, tetapi menunda keberangkatannya hingga Sabtu, (12/11/2022) pagi, katanya kepada wartawan.

Kishida akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Kamboja pada Minggu dan membuat pengaturan akhir untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping minggu depan di Thailand.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut