get app
inews
Aa
Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Sumber Kekayaan FIFA, Segini Jumlah Pendapatan dan Pengeluaran Jelang Piala Dunia 2022

Kamis, 20 Oktober 2022 | 05:30 WIB
header img

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu untuk membahas Tragedi Kanjuruhan. Keduanya juga bermain fun football bersama pengurus PSSI. Pecinta sepak bola mungkin belum banyak yang tahu dari mana sumber kekayaan FIFA, sebagai Federasi Sepak Bola Dunia.

FIFA dibentuk pada 1904, merupakan badan yang mengatur, mengawasi, mengorganisasi, hingga mempromosikan sepak bola secara internasional. Sepak bola sendiri merupakan olahraga paling populer dibandingkan dengan olahraga apapun di seluruh dunia. Dimainkan di lebih dari 200 negara, sepak bola jelas memiliki penggemar terbesar di jagat.

Lantas, dari mana sumber kekayaan atau pendapatan FIFA? Pasalnya, FIFA adalah organisasi yang harus menaungi sepak bola di seluruh dunia. Bahkan, FIFA terus melakukan modernisasi atau pembaharuan sepak bola secara global dalam berbagai aspeknya. Oleh karenanya, FIFA pastinya juga memerlukan dana besar dalam mengorganisasi dan memodernisasi sepak bola dunia.

Diketahui, sebagian besar sumber pendapatan FIFA berasal dari pengorganisasian dan pemasaran kompetisi internasional utama, seperti Piala Dunia Pria dan Wanita yang masing-masing diadakan setiap empat tahun. Melalui laman resminya, FIFA menjelaskan bahwa Piala Dunia bukan hanya acara olahraga terbesar di dunia, tetapi juga merupakan sumber pendapatan utama mereka.

"FIFA beroperasi dalam siklus empat tahun dan sebagian besar (sekitar 95 persen) pendapatan organisasi berasal dari penjualan televisi, pemasaran, hospitaliti, dan hak lisensi yang terkait dengan Piala Dunia FIFA," tulis FIFA dikutip iNews.id, Rabu (19/10/2022). "Sementara itu, sebagian besar pengeluaran FIFA dihabiskan untuk pengembangan sepak bola di seluruh dunia."

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut