get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Hindari Krisis Pangan, Anggota DPRD Jatim Subianto Minta Alokasi Pupuk di Jatim Tak Dikurangi 

Minggu, 16 Oktober 2022 | 22:39 WIB
header img
Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim) Subianto reses di KUD Subur, Kabupaten Kediri, Sabtu (15/10/2022)

Ajak Petani Irit Pupuk

Atas problem itu, Subianto mengajak kepada para petani untuk irit menggunakan pupuk. Caranya, menggunakan pupuk secara proporsional dari kebutuhan yang ada. Dia bersyukur, tahun ini Provinsi Jatim mendapatkan tambahan sebanyak 200.000 ton. Dari jumlah tersebut, wilayah Kediri mendapat tambahan 19.000 atau sekitar 10 persen. 

Tambahan itulah kata Subianto yang harus bisa dihemat oleh para petani agar bisa cukup hingga akhir tahun. Sebab, tambahan itu juga masih jauh dari kebutuhan.  Dia mencontohkan, di wilayah kediri, jumlah Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) sebanyak 77.000 ton. Namun, faktanya ketersediaan pupuk hanya sebanyak 26.000 ton. Itu sebabnya, penghematan penggunaan pupuk perlu dilakukan.  

"Misalnya, walaupun RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani) 1 ton, jangan diberikan semuanya. Jangan dihabis-habiskan. Agar cukup sampai akhir nanti dan tidak menimbulkan gejolak," tuturnya. 

Maka sebagai gantinya, dia menyarankan petani menggunakan pupuk organik. Sebab, jika petani disiplin menggunakan pupuk organik, maka kondisi tanah tidak akan rusak. "Misalnya 1 hektare (ha) lahan diberi pupuk organik 1 ton selama lima tahun, maka kandungan organik tanah akan meningkat 5 persen. Sekarang tinggal 2 persen," tuturnya. 

Pasalnya, semakin hari biaya operasional petani semakin besar. Apalagi sejak kenaikan harga BBM. Sementara, harga jual panen juga kurang kompetitif dan jauh dari harapan.iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut