Lima Hewan Aneh Hasil Rekayasa Genetik Ilmuwan, Ada yang Distirahatkan Selamanya

Ahmad Muhajir
.
Rabu, 21 September 2022 | 14:48 WIB
Deretan 5 hewan aneh hasil rekayasa genetik manusia (Foto: Owlcation)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Sebanyak lima hewan aneh  terlahir dari hasil rekayasa genetik oleh ilmuwan dunia. Capaian yang dilakukan para ilmuwan  merupakan tanda kemajuan di bidang sains.

Diolah  dari berbagai sumber, rekayasa genetik  adalah sebuah pendekatan atau teknik untuk menghasilkan organisme baru dengan tujuan tertentu.

Misalnya, rekayasa genetik di ranah pekebunan atau pertanian, biasanya dilakukan untuk menghasilkan buah atau sayuran yang lebih besar sehingga bisa dijual dengan harga tinggi.

Selain itu, ada pula rekayasa genetik terhadap hewan, apa saja? berikut ini 5 di antaranya:

1. Sapi Biru Belgia

Ilmuwan dan peternak Belgia  menyilangkan sapi asli lokal dengan sapi bertanduk dari Inggris pada tahun 1800-an. Dipilihlah sapi yang paling besar dan kuat dari kedua jenis.

Hasil rekayasa genetik melahirkan seekor sapi dengan fisik yang besar dan berotot, di mana memiliki sebutan Sapi Biru Belgia.

2. Domba Dolly

Para ilmuwan pada 5 Juli 1996 sukses "melahirkan" domba hasil kloning sel domba dewasa dan diberi nama Dolly. Capaian idiraih setelah kegagalan dalam eksperimen sebanyak 277 kali.

Kendati demikian, domba ini kerap mengalami sakit. Akhirnya, ia diistirahatkan untuk selamanya dengan suntikan khusus agar tidak merasakan sakit lagi.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini