get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Kisah Sosok Gigih dan Baik Hati di Balik Kesuksesan Hero, Supermarket Pertama di Indonesia

Kamis, 28 Juli 2022 | 07:30 WIB
header img
Kisah sosok gigih dan baik hati di balik kesuksesan Hero, supermarket pertama di RI(foto: ist)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Hero Supermarket merupakan supermarket pertama di Indonesia. Perjalanan kesuksesan Hero tak terlepas dari pendirinya yang sangat inspiratif. 

Dia adalah Muhammad Saleh Kurnia atau M.S Kurnia. Pria kelahiran Sukabumi, 1 Desember 1934 itu dibesarkan di masa sulit. Masa kecil Kurnia di Jakarta dihabiskan untuk membantu keluarganya. 

Di masa kecilnya, Kurnia tidak bisa menikmati waktu bermain seperti anak seusianya. Sepulang sekolah, dia langsung bekerja untuk mengumpulkan uang dengan berjualan makanan. 

Kegigihan dan kerja kerasnya membuahkan hasil. Pada 1954, Kurnia dan kakak laki-lakinya, Wu Guo Chang mulai menekuni bisnis dengan mendirikan CV yang diberi nama CV Hero.

Dalam menjalankan bisnisnya, Kurnia tidak mudah putus asa meski pada 1959, sang kakak mengundurkan diri dari CV tersebut. Dia optimistis dengan prospek ritel bisnis Hero dalam menjual produk makanan dan minuman impor.

"Kunci dari kesuksesan adalah pertama, kita harus mengambil kesempatan pada waktu yang tepat walaupun kesempatan itu datang dari mana saja. Kedua, itu tergantung pada apakah Anda mempunyai visi dan bisa bertumbuh di atas yang lain," kata Kurnia tentang prinsipnya, dikutip dari laman Hero Group, Rabu (27/7/2022).

Dia memiliki bakat melihat sisi positif dari sebuah kesempatan yang tidak bisa dilihat oleh kebanyakan orang. Seperti pada 1970-an, dia melihat kesempatan banyaknya orang yang ke Singapura hanya untuk belanja makanan dan minuman Barat.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut