Jatuh Dari Sepeda Ganjar Alami Cedera Tulang Hasta, Berikut Anatomi dan Proses Penyembuhannya

Nurfikas
 Gubernur Jateng Ganjar Pranowo derita patah tulang hasta pada lengan kanannya saat bersepedah

Secara spesifik, tulang hasta berada tepat di tulang jari kelingking dan memanjang sampai siku. Sama seperti tulang pengumpil, tulang hasta juga memiliki fungsi membentuk struktur lengan bawah, membantu rotasi pergelangan tangan, menjadi tempat melekatnya otot, dan membentuk humerus serta sendi siku.

Struktur anatomi tulang hasta berada pada lengan bagian bawah, menjadi penghubung antara pergelangan tangan dan lengan atas manusia. Foto: Ist

Meski memiliki fungsi yang hampir sama dengan tulang pengumpil, namun keduanya memiliki perbedaan.

1. Letak

Tulang pengumpil berada di bagian lateral tulang hasta, sedang tulang hasta berada di sisi medial pada lengan bagian bawah.

2. Bentuk

Tulang pengumpil memiliki bentuk seperti pipa dan juga memanjang dan saling terhubung, membentang dari siku sampai ibu jari, terlihat lebar pada bagian atas dan semakin mengecil atau menyempit saat ke bawah.

Sedang tulang hasta juga memiliki bentuk pipa, yang membedakan panjangnya mulai dari siku hingga jari kelingking, luasnya kebalikan dari tulang pengumpil yakni mulai dari kecil dari bagian atas lalu ke bagian bawah semakin melebar.

 

3. Fungsi

Fungsi tulang pengumpil secara spesifik untuk melekatkan otot lengan sebagai penggerak tangan. Sedangkan tulang Hasta lebih banyak untuk gerakan memutar pada lengan.

Penyembuhan Patah Tulang Hasta

Dikutip dari alodokter.com, bahwa penyembuhan tulang membutuhkan perlakuan berbeda tergantung lokasi dan jenis patahan.

Apabila patahan menyebabkan sumbu tulang bergeser, biasanya dokter bedah tulang akan melakukan perbaikan pada tulang tersebut. Misalnya dengan melakukan operasi pemasangan pen. Selanjutnya, untuk menstabilisasikan patahan akan dipasang gips.

Dijelaskan pula, penyembuhan patah tulang yang tidak memerlukan operasi dapat berlangsung antara 6 sampai 8 minggu. Sementara untuk penyembuhan secara sempurna terjadi dalam waktu minimal 6 bulan. iNewsMadiun.id

 

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network