Luar Biasa! Pilot Muda Belgia Terbang di Wilayah Udara Putin, Setelah Dapat Izin dari Otoritas Rusia

Ahmad Islamy Jamil
Pilot muda Belgia, Mack Rutherford. (Foto: macksolo.com)

MOSKOW, iNewsMadiun.id – Pemerintah Rusia mengizinkan pilot Belgia berusia 17 tahun untuk terbang di atas wilayah udara negeri beruang merah.

Pilot bernama Mack Rutherford itu bermaksud membuat rekor dunia sebagai pilot termuda yang melakukan penerbangan dari Kota Seoul, Korea Selatan, ke Kota Nome di Alaska, AS.

Pemberian izin terbang kepada Rutherford itu diumumkan oleh Badan Federal Rusia untuk Transportasi Udara (Rosaviatsiya), Kamis (21/7/2022).

“Lewat keputusan Kepala Rosaviatsiya, Alexander Neradko, izin satu kali dikeluarkan kepada pesawat Shark untuk terbang melalui Federasi Rusia pada rute Seoul (Korea) - Nome (AS),” ungkap badan tersebut dalam pernyataannya. 

 

“Pesawat ringan ini melakukan penerbangan nonkomersial, untuk memecahkan rekor dunia baru. Pesawat ini dikemudikan oleh pilot termuda dalam sejarah penerbangan, warga negara Belgia berusia 17 tahun, Mack Rutherford,” kata Rosaviatsiya.

Menurut jadwal, penerbangan itu akan dimulai pada Senin (25/7/2022) Juli dan berlangsung selama empat hari melalui kota-kota Rusia Vladivostok, Khabarovsk, Magadan, dan Anadyr.

Untuk memastikan keselamatan penerbangan, Rosaviatsiya menginstruksikan kantor regional Timur Jauh dan Magadan untuk mengawal misi Rutherford di bawah kendali khusus. 

Bandara-bandara Rusia yang menjadi tujuan pada rute penerbangan tersebut telah ditugaskan untuk memberikan layanan darat, serta memastikan jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk pesawat Rutherford.

Cabang-cabang Perusahaan Manajemen Lalu Lintas Udara Negara Rusia juga telah ditugaskan untuk memberikan layanan navigasi udara yang berkualitas dan dukungan meteorologi untuk penerbangan tersebut.

Selanjutnya, pesawat akan berada di bawah kendali layanan pencarian dan penyelamatan penerbangan regional. Rosaviatsiya akan terus memantau penerbangan itu di atas wilayah Rusia.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network