3 Keuntungan Terbesar Jika Indonesia Keluar dari Keanggotaan AFF, Nomor 2 Momentum Bangkit di Asia

Destriana Indria Pamungkas
Berikut 3 keuntungan terbesar jika Timnas Indonesia keluar dari AFF. (Foto: PSSI)

2. Momentum Bangkit di Asia

 

Apabila Indonesia memutuskan keluar dari AFF, maka Timnas Indonesia tercatat sebagai anggota AFC saja. Jadi, Indonesia lebih fokus mempersiapkan diri mengikuti turnamen di bawah naungan AFC yang juga dianggap resmi oleh FIFA.

Dengan fokus di kompetisi top Asia, bukan tak mungkin Timnas Indonesia akan mencetak sejarah. Sejarah yang dimaksud adalah lolos ke fase gugur Piala Asia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Tak sekadar lolos ke fase gugur, bermimpi memenangkan trofi juga bukan hal yang mustahil.

1. Untungkan Pemain dan klub

Keluarnya Indonesia dari AFF dinilai bisa memberikan keuntungan bagi pemain dan juga klubnya. Sekadar diketahui, kerap kali klub kehilangan sang pemain karena harus membela Timnas Indonesia di ajang AFF.

Ironisnya, klub kehilangan sang pemain ketika kompetisi sepakbola di Indonesia tengah bergulir. Dengan keluar dari AFF, klub hanya perlu melepas sang pemain ke Timnas Indonesia di ajang-ajang resmi FIFA seperti FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia, serta turnamen mayor macam Piala Asia dan Piala Dunia.iNewsMadiun.id.

Editor : Arif Handono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network