get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mpu Sindok, Aktor Utama Dibalik Kudeta Raja Mataram, Akhiri Era Dinasti Sanjaya

Masih Terbilang Perawan, Situs Srigading Lolos dari Pencurian Karena Sosok Mistis

Selasa, 08 Maret 2022 | 09:36 WIB
header img

Sedangkan di ekskavasi dua dilangsungkan mulai Senin (21/2/2022) sampai Sabtu (26/2/2022). Di ekskavasi tahap kedua ini, BPCB Jatim fokus membuka sisi timur dan selatan candi. Temuannya, tiga buah arca Nandaiswara yang sebelumnya sempat disebut Agastya yang ditemukan pada Selasa (22/2/2022), serta arca Mahakala yang ditemukan pada Jumat (25/2/2022).

Arca ketiga yang ditemukan yakni Arca Agastya yang ditemukan pada Minggu (27/2/2022) kemarin. Selain menemukan arca, BPCB juga menemukan lingga di tengah candi, dua buah batu relung, satu buah batu ambang candi, dan beberapa ornamen relief, serta fragmen patahan lainnya.

Ekskavasi tahap ketiga dimulai sejak Kamis (3/3/2022) hingga rencananya berlangsung sampai Selasa (8/3/2022). Di ekskavasi tahap ketiga ini ditemukan beberapa benda artefak, mulai dari patung angsa di sisi halaman timur, beberapa wadah atau tempat menyerupai bejana sejumlah tiga buah, satu buah bokor terbuat dari emas lengkap dengan perhiasan kepingan - kepingan emas yang tersimpan di dalamnya.

Terakhir pada Senin siang, BPCB menemukan tempat yang diidentifikasi sebagai tempayan. Dimana di dalam tempayan itu terdapat tembikar dan satu wadah terbuat dari tembaga. iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut