get app
inews
Aa Read Next : Praktisi Supranatural Gus Samsudin Jadab Laporkan Pesulap Merah ke Polda Jatim

BPCB Jatim Belar Ekskavasi Lanjutan Demi Ungkap Misteri di Srigading

Jum'at, 18 Februari 2022 | 13:48 WIB
header img

MALANG, iNewsMadiun.id - Karena masih banyak misteri yang belum terungkap pada peninggalan Mpu Sindok era Mataram Kuno ini, Srigading situs di Dusun Manggis, Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Malang akan di ekskavasi lebih lajut oleh alai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim).

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, temuan Situs Srigading penting karena adanya penemuan bangunan candi yang berasal dari era Kerajaan Mataram Kuno. "Tahap dua ini akan mencoba menampakkan melanjutkan pekerjaan yang kemarin ya. Menampakkan sisi timur. Jadi nanti diharapkan kita mendapatkan menampakkan keseluruhan bangunan," ucap Wicaksono, Jumat pagi (18/2/2022). 

Wicaksono menambahkan, ekskavasi tahap kedua nantinya bakal menggandeng Yayasan Kaloka Jawa Timur dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, terkait status lahan ekskavasi yang dimiliki oleh masyarakat. Nantinya dana ekskavasi inilah yang bakal dibiayai setengahnya oleh Yayasan Kaloka. 

"Tujuannya menampakkan keseluruhan bangunan ya yang tersisa bagian kaki. Toh juga tidak terlalu besar 8 x 8 meter. Nah sehingga kita coba kalkulasi selama 6 hari nanti sebisa mungkin nampak semua. (Ekskavasi) kedua ini kita coba saya menghitung kebutuhan Rp50 juta, mendapatkan sumbangan dari Yayasan Kaloka Jatim," katanya. 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut