get app
inews
Aa Read Next : Sepenggal Kisah Kerajaan di Nusantara sebelum Masehi dan Awal Mula Penduduk Pulau Jawa

Peninggalan-peniggalan Kerajaan Mataram Kuno Era Mpu Sindok yang Tersebar di Malang

Jum'at, 11 Februari 2022 | 08:59 WIB
header img

MALANG, iNewsMadiun.id - Banyak peninggalan dari Mataran kuno Era Mpo Sindok tersebar di wilayah malang. Raja Mpu Sindok adalah raja pertama Mataram Kuno setelah sempat berpindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur akibat letusan gunung yang meluluhlantakkan istana Mataram Kuno.

Pada buku "Airlangga : Biografi Raja Pembaru Jawa Abad XI" dari Ninie Susanti, Mpu Sindok sebenarnya masih berasal dari Dinasti Sailendra, sesuai kedudukannya sebelumnya sebagai Rakai Halu dan Rakai Hino, pada masa pemerintahan Rakai Layang dan Rakai Sumba Dyah Wawa. Namun dia dianggap sebagai pendiri dinasti baru, yakni Dinasti Isana.

Di Malang sejumlah temuan bangunan situs kuno yang identik dengan gaya Kerajaan Mataram Kuno menunjukkan wilayah kekuasaan Mpu Sindok, sampai meliputi wilayah Malang.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho menyatakan, dari hipotesis referensi sejarah-sejarah yang ada, terdapat sejumlah konstruksi situs kuno di era Kerajaan Mataram Kuno masa Mpu Sindok, yakni Situs Pendem, Situs Langlang, dan Situs Srigading.

“Sejaman, ini sama Pendem hipotesisnya itu. Mendukung ini dari abad 10. Kemudian relief kepalanya tadi gaya mataram kuno, bukan gaya Jawa Timuran, sejauh itu datanya. Kemudian sambil nanti cari datanya,” kata Wicaksono.

Menurutnya, bangunan–bangunan peninggalan Mataram Kuno era Jawa Tengah identik dengan konstruksi batu bata berukuran besar. Hal ini diperkuat dengan adanya penemuan arca yang ditemukan di sekitar Situs Srigading, yang tengah dilakukan penggalian oleh BPCB Jatim.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut