get app
inews
Aa Read Next : Raih Predikat Pemimpin Berdampak di Media Digital, Gubernur Khofifah: Jadi Penguat Layanan Informasi

Malam Selikuran di Atas KRI Surabaya, Gubernur Khofifah Bermunajat Menyambut Lailatul Qadar

Rabu, 12 April 2023 | 15:55 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberi sambutan pada qiyamul lail di atas KRI Surabaya, Rabu (12/4/2023) dini hari.

Puluhan undangan sementara bertahan di bagian dalam dek untuk menghindari hujan. Sementara tamu seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, beserta Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah dan undangan lain berada di ruangan VIP. Hujan sempat menggoda petugas BPBD dan ABK KRI Surabaya. Begitu karpet basah digulung hendak diganti, rintik-rintik hujan jatuh kembali dari langit. Alam nampaknya memang sedang menguji kesabaran rombongan pemburu Lailatul Qodar di atas KRI Surabaya.

Kapal perang milik TNI AL itu mulai berlayar pada pukul 22.15 WIB. KRI Surabaya bergerak menuju perairan Karangjamuang. Namun acara qiyamul lail pada malam itu belum dimulai. Karpet merah belum terpasang. Petugas BPBD Jatim dan ABK KRI Surabaya kemudian memasang karpet warna merah. Dalam hitungan menit, helipad sudah berganti hamparan karpet merah. Jelang tengah malam, helipad sudah siap digunakan qiyamul lail atau shalat malam.

Lepas tengah malam, kegiatan di KRI Surabaya dimulai dengan kegiatan seremonial. Setelah pembukaaan, Gubernur Khofifah dan Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah menyerahkan berbagai bantuan kepada anak yatim, dan nelayan binaan Diskanla Pemprov Jatim. Bantuan berupa  sembako, baju koko, sarung dan uang tunai. Acara utama pada malam itu adalah meraih Lailatul Qadar. Gubernur Khofifah dan Pangkoarmada II melaksanakan shalat Tahajud, shalat tasbih, shalat hajat dan sujud syukur. 

Gubernur Khofifah menyebut kegiatan qiyamul lail di atas lautan adalah kegiatan pertama kalinya. "Alhamdulillah Insyaallah bagi yang qiyamul lail, ini pertama kalinya. Begitu pula saya bersama forkopimda Jatim melakukan munajat bertepatan dengan malam ke 21 Ramadhan, dilakukan di atas dek kapal, sambil berlayar, berdoa serta bakso kepada nelayan," kata Khofifah saat memberi sambutan di atas KRI Surabaya.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut