get app
inews
Aa Read Next : Raih Predikat Pemimpin Berdampak di Media Digital, Gubernur Khofifah: Jadi Penguat Layanan Informasi

Malam Selikuran di Atas KRI Surabaya, Gubernur Khofifah Bermunajat Menyambut Lailatul Qadar

Rabu, 12 April 2023 | 15:55 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberi sambutan pada qiyamul lail di atas KRI Surabaya, Rabu (12/4/2023) dini hari.

SURABAYA, iNewsMadiun.id - Malam 21 Ramadhan 1444 Hijriah bertepatan Rabu (12/4/2023) di Kota Surabaya disambut hujan deras. Langit malam makin kelam dengan mendung yang terus menggelayut di atas Kota Pahlawan. Hujan deras sebenarnya mulai mengguyur sebelum  Shalat Maghrib. Sempat reda saat berbuka puasa, hujan deras berlanjut jelang shalat tarawih. Debu jalanan berganti air hujan. Aroma hujan menyambut kehidupan metropolitan. Rintik-rintik hujan mulai menunjukkan tanda -tanda reda pada Selasa (11/4/2023) pukul 20.30 WIB. 

Persiapan malam selikur di atas KRI Surabaya yang bersandar di Dermaga Ujung, Tanjung Perak Surabaya, sudah dilakukan sejak sore hari. Helipad KRI Surabaya (591) berkapasitas tiga helikopter diubah menjadi masjid dadakan. Hamparan karpet hijau sudah terpasang nyaris menutup permukaan helipad. Tempat mengambil air wudhu sudah terpasang pada ujung dek. 

Pada  ujung berlawanan, terpampang banner besar sekitar 4 x8 meter bertuliskan "Lautan Doa dan Syiar Samudra, Mengejar Lailatul Qodar bersama Koarmada II dan Forkopimda Jawa Timur". Semua karpet yang terpasang di atas dek KRI Surabaya dalam kondisi basah. Karpet-karpet hijau yang sudah terpasang tak bisa digunakan untuk shalat. Banner yang terpampang besar berhias butiran air. 

Malam itu, niat Gubernur Khofifah beserta Forkopimda Jatim meraih Lailatul Qadar di atas KRI Surabaya diuji kondisi cuaca. Tapi tidak menyurutkan langkah untuk menyambut malam penuh kemuliaan. Malam di mana Malaikat Jibril mengajarkan ayat Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Petugas BPBD diikerahkan mencari karpet pengganti. Sejumlah ABK KRI Surabaya kemudian tampak mengangkut karpet dari lantai dasar menuju ke helipad. Keringat deras nampak pada raut wajah mereka, sangat berat memanggul puluhan karpet merah itu dari dek bawah ke helipad.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut