get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Pria Tertinggi di Dunia Berasal dari Ghana, Lidah Melebar, Ketinggian Badan Capai 2,89 Meter

Jum'at, 06 Januari 2023 | 13:41 WIB
header img
Sulemana Abdul Samed, pria tertinggi di dunia. (celebrities.id/BBC)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Siapa orang tertinggi di dunia? Salah satu jawabannya adalah Sulemana Abdul Samed (29) warga negara Ghana yang memiliki ketinggian 9 kaki 6 inci atau 2,89 meter. Sulemana didiagnosis gigantisme beberapa tahun yang lalu. Dia harus memeriksakan diri secara rutin tiap bulan guna mengatasi komplikasi sebagai bagian dari menjalani hidup sebagai seorang raksasa.

Dilansir dari BBC (6/1/2023), ketinggian badan pria yang akrab dengan disapa Awuche ternyata tidak berhenti. Dia terus mengalami penambahan tinggi badan. Bahkan perawat klinik di desanya terus mencatat perkembangan Awuche. Perawat tersebut mengungkapkan bahwa tinggi badan Awuche kian bertambah, sehingga membuat perawat kesulitan mengukur secara spesifik tinggi badannya. “Jadi untuk menyelesaikan masalah ini, dan berbekal pita pengukur 16 kaki - saya kembali ke desa Gambaga minggu lalu,” ujar seorang perawat.

Awalnya, rencana perawat untuk mengukur Awuche sedikit mengalami kendala. Sebab tinggi badan Awuche lebih tinggi dari kebanyakan rumah di lingkungannya. Rencana pengukuran Awuche berhasil setelah menemukan bangunan dengan tembok yang cukup tinggi.  Dari hasil pengukuran tersebut, tingginya adalah 8 kaki 2,8 inci  hampir mendekati tinggi dari Sultan Kösen yaitu 8 kaki 2,82 inci – pria asal Turki yang kini memegang Rekor Dunia saat ini.

"Saya masih tumbuh tinggi. Siapa tahu, mungkin suatu hari nanti saya bisa mencapai ketinggian itu juga," kata Awuche - sama sekali tidak kecewa dengan perbedaan angka yang diberikan kepadanya oleh rumah sakit.

Sandal yang digunakan Awuche juga dibuat secara khusus, yang terbuat dari ban mobil dan dipaku oleh tukang setempat karena dirinya tak menemukan sepatu atau sandal yang sesuai dengan ukuran kakinya.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut