get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

5 Pejuang Muslim yang Jadi Pahlawan Negara Komunis Uni Soviet , Nomor 5 Sniper Perempuan

Rabu, 09 November 2022 | 02:21 WIB
header img
Aliya Moldagulova merupakan salah satu perempuan Muslim yang menjadi Pahlawan Uni Soviet. Foto/homsk

3. Domullo Azizov

Sersan Domullo Azizov berhasil berkontribusi pada keberhasilan salah satu operasi terpenting Tentara Merah pada Perang Dunia II, yaitu penyeberangan Sungai Dnieper pada musim gugur tahun 1943. Ketika Azizov sedang menyeberangi sungai di Distrik Loyevsky di Belarus, ia harus berhadapan dengan tembakan musuh.

Ia kemudian keluar dari perahu dan berjalan di dalam sungai menuju darat untuk menerobos pasukan Jerman. Domullo menghancurkan kru senapan mesin dengan granat. Dalam situasi tersebut ia harus bertahan dari serangan balik Jerman sampai bala bantuan tiba. Sembilan hari setelahnya, Dumullo Azizov terbunuh di pertempuran wilayah Gomel, Belarusia dan dimakamkan di kuburan massal. Ia dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Uni Soviet.

4. Yusup Akayev

Yusup Akayev adalah pilot penerbangan Armada Laut Hitam yang paling terkenal. Melalui pesawat serang Il-2, Akayev melakukan 104 serangan secara mendadak, menghancurkan 18 kapal dari berbagai jenis, 3 lokomotif, 11 tank, dan banyak perangkat keras musuh lainnya. Yusup Akayev menyerang kapal musuh bukan dari ketinggian yang jauh.

Ia justru terbang mendekati musuh dengan ketinggian sangat rendah. Ia lalu menjatuhkan bom begitu pesawatnya berada dekat musuh, lalu segera mengangkat pesawatnya dengan tajam dan terbang menjauh. Cara penyerangan ini sangat efektif, meski berisiko besar. Namun, Akayev mampu melakukannya. Ia bahkan menjadi satu dari sedikit pilot penyerang yang berhasil keluar dari pertempuran udara melawan dua pesawat tempur musuh. Yusup Akayev kemudian mendapat gelar Pahlawan Uni Soviet atas jasanya. Ia meninggal pada tahun 1949 dalam usia 27 tahun.

5. Aliya Moldagulova

Aliya Moldagulova merupakan salah satu perempuan yang menjadi Pahlawan Uni Soviet. Dalam pertempuran terakhirnya yang berlangsung pada Januari 1944, ia mengambil peran yang tidak biasanya dilakukan oleh seorang penembak jitu. Setelah Komandan Kompi terbunuh, Aliya menyerukan pasukan untuk maju menyerang musuh. Meski terluka, Aliya tetap menyerang dengan tangan kosong.

Sayangnya, Aliya harus tewas. Namun sebelum tewas, ia sempat menumbangkan seorang perwira Jerman. Berdasarkan Dekrit Presidium Soviet Tertinggi Uni Soviet pada 4 Juni 1944, Kopral Aliya Moldagulova dianugerahi gelar Pahlawan Uni Soviet.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com :https://international.sindonews.com/read/934451/41/pejuang-muslim-yang-jadi-pahlawan-negara-komunis-uni-soviet-1667808700?showpage=all

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut