Logo Network
Network

Presiden Jokowi Sebut Beberapa Pintu Keluar Stadion Terkunci saat Tragedi Kanjuruhan

Raka Dwi Novianto
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:24 WIB
Presiden Jokowi Sebut Beberapa Pintu Keluar Stadion Terkunci saat Tragedi Kanjuruhan
Jokowi menyebut salah satu masalah dalam tragedi itu yakni ada beberapa pintu keluar yang terkunci saat kerusuhan. (foto: Setpres).

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (5/10/2022) meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan pascatragedi mengerikan yang menewaskan 131 orang  pada Sabtu lalu (1/10/2022). Dia menyebut salah satu masalah dalam tragedi Kanjuruhan  yakni ada beberapa pintu keluar yang terkunci saat kerusuhan.

“Sebagai gambaran, tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada, tapi itu saya hanya melihat lapangannya,” kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Jokowi meminta tata kelola persepakbolaan Indonesia perlu diperbaiki secara keseluruhan, baik dalam pertandingan, stadion, penonton, hingga pengamanan. Dia mengatakan sudah berbicara dengan Presiden FIFA mengenai hal itu.

“Saya kira kita memang perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan. Semuanya harus dievaluasi total agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi, jelas semuanya,” katanya.

Selain itu, Jokowi menjelaskan pemerintah telah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Tim tersebut dibentuk untuk mencari tahu secara detail penyebab utama atas terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan.
 

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.