get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Cerita Tengah Malam: Masuk Alam Gaib Pada Malam 1 Suro saat Pendakian di Gunung Sindoro

Sabtu, 30 Juli 2022 | 03:07 WIB
header img
Ilustrasi cerita tengah malam: masuk alam gaib pada malam 1 Suro di Gunung Sindoro (foto: freepik)

WONOSOBO, iNewsMadiun.id - Peristiwa ini terjadi sekira tahun 1985. Sebuah pengalaman mistik supranatural yang bertepatan malam 1 Suro atau malam  1 Muharram.

Ketika itu Joko bersama rekan-rekan sekolahnya sepakat untuk melakukan pendakian Gunung Sindoro di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Joko memang warga Wonosobo dan bersekolah kelas 2 Sekolah Lanjutan Atas.

Sekira 18 orang pelajar, 4 diantaranya pelajar putri, naik angkutan utama menuju Pos 1 di Desa Bedaka Tambi, tidak jauh dari Garung. Di desa tersebut, sejumlah para pendaki lain dari berbagai tempat telah berkumpul. Beberapa diantara mereka tergolong para pendaki yang telah berpengalaman, sebagian lagi pendaki pemula, termasuk Joko.
Setelah melakukan upacara singkat dan doa bersama, para pendaki memulai perjalanan menuju Pos 2 dengan dibimbing oleh seorang pemandu wanita.

Perjalanan menuju Pos 2 di Desa Sigedang Tambi menggunakan kendaraan truk. Adapun Pos 2 merupakan titik akhir perhentian kendaraan dan titik awal menuju pendakian.

Ketika itu, Joko sempat bertanya kepada pemandu wanita itu,
"Berapa jauh menuju puncak Gunung Sindoro, mbak?" tanya Joko.
"Hanya sekira 6 kilometer. Jalur pendakian juga bagus, tidak seperti jalur pendakian Gunung Sumbing," jawab pemandu wanita itu.

Kabarnya, pemandu wanita berusia 20 tahunan itu sangat berpengalaman mendaki Gunung Sindoro. Entah sudah berapa kali dia naik turun Gunung Sindoro memandu para pendaki dari berbagai daerah. Bahkan ada juga pendaki dari mancanegara.

Harap difahami, jarak 6 kilometer menuju puncak gunung tentu saja berbeda dengan berjalan di jalanan datar. Butuh stamina ekstra untuk melakukannya.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut