get app
inews
Aa Text
Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

5 Transportasi Jadul Jakarta yang Sudah Punah, Pernah Naik yang Mana?

Sabtu, 16 Juli 2022 | 22:48 WIB
header img
Transportasi Jadul Jakarta yang Sudah Punah. Sebuah trem di Batavia (Foto: Informasikereta)

JAKARTA, iNewsMadiun.id Ada beberapa transportasi jadul Jakarta yang sudah punah. Kota yang baru saja berusia 495 tahun itu telah mengalami berbagai transformasi kemajuan zaman, tak terkecuali di bidang transportasi modern.

Kendaraan-kendaraan umum yang dulu menjadi sangat ikonik di Jakarta kini sudah tidak terlihat lagi. Angkutan umum tersebut kini telah digantikan dengan moda transportasi yang jauh lebih modern seperti Bus Transjakarta, KRL, MRT, atau fitur transportasi online.

BACA JUGA:
Ini 4 Koridor Transportasi Cerdas yang Bakal Diterapkan di IKN Nusantara

Berikut iNews.id rangkum transportasi jadul Jakarta yang dulu pernah wara-wiri dan menjadi ciri khas kota, tetapi kini sudah tidak terlihat lagi.

5 Transportasi Jadul Jakarta yang Sudah Punah:

1. Trem

 

Seperti kota-kota besar di masa penjajahan Belanda, Jakarta juga pernah memiliki trem layaknya negara-negara Eropa.
Pemerintah Hindia Belanda kala itu memang memperkenalkan trem sebagai transportasi umum yang lebih maju daripada delman. Kendaraan ini mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum. 

BACA JUGA:
Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Umum, Pemprov DKI Akan Terapkan Alat Sensor Wajah

Tahun 10 April 1899 adalah saat dimana trem generasi terbaru untuk menggantikan trem kuda dan trem uap di Jakarta. Sebagai sarana angkutan terbaru, trem listrik langsung menjadi primadona di Batavia.

Trem listrik di Batavia atau Jakarta saat itu telah mengoperasikan lima jalur, seperti Menteng – Kramat – Jakarta Kota. Senen – Gunung Sahari. Menteng – Merdeka Timur – Harmoni. Menteng – Tanah Abang – Harmoni. Waktu itu, sekali naik, tarifnya 10 sen.

BACA JUGA:
Sejarah Stasiun Manggarai, Saksi Kemajuan Transportasi dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Hingga sekitar tahun 1960-an, atau saat Sudiro menjadi walikota, trem listrik di Jakarta resmi dihapus dan menghilang dari jalanan Ibukota.

2. Bemo

Bemo pada dasarnya adalah transportasi pabrikan Jepang, Daihatsu. Bemo muncul dari hasil inovasi akibat sengitnya persaingan dengan Toyota selaku sesama pabrikan otomotif terkemuka. Hingga pada tahun 1957, Daihatsu mengeluarkan varian transportasi terbarunya yang dinamakan Daihatsu Midget (kerdil).

BACA JUGA:
Stasiun Manggarai Bakal Jadi Pusat Transit Antarmoda Transportasi, Pengembangan Rampung 2025

Ketika masuk Indonesia, Midget kemudian dikenal sebagai Bemo. Nama Bemo sendiri merupakan singkatan dari Becak Motor yang sebelumnya memang sudah cukup familier di jalanan Ibukota. Setelah puluhan tahun menjadi transportasi rakyat, Bemo akhirnya resmi dikandangkan dari jalanan Jakarta.

3. Oplet

Pada sekitar tahun 1970-an, oplet menjadi angkutan umum massal yang sangat populer di Jakarta. Kendaraan ini sangat khas lantaran sampai menjadi salah satu ikon serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’.

BACA JUGA:
Ojek Perahu Moda Transportasi Antarpulau di Jayapura 

Sayangnya, keberadaan oplet di Jakarta tak bertahan lama. Mulai sekitar tahun 1979-an, pamor angkutan umum tersebut berangsur-angsur mulai tergantikan oleh Mikrolet dan Metromini.

4. Bus Tingkat

Bus tingkat pertama kali mewarnai jalanan Kota Jakarta pada tahun 1983. Tak tanggung-tanggung, armadanya saat itu bahkan diboyong langsung dari Inggris, yakni Leyland Atlantean.

Itu adalah bus tingkat dengan masa produksi antara tahun 1958 hingga tahun 1986. Daya angkut bus 

Daya angkut bus tingkat itu digadang-gandang dapat  mencapai 100 penumpang. Bus tingkat itu juga menjadi legenda transportasi darat di Jakarta yang pengoperasiannya di bawah Perum PPD.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut