get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Mengenal Ratnik-2 Seragam Pelindung Militer Paling Canggih Buatan Rusia

Kamis, 16 Juni 2022 | 20:00 WIB
header img
Seragam pelindung militer paling canggih di dunia (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Industri perlengkapan militer Rusia masih berada di posisi teratas di dunia ini. Diantaranya, seragam pelindung militer paling canggih di dunia berasal dari Rusia. Militer Rusia memang menjadi salah satu pasukan paling kuat di dunia. Beragam inovasi persenjataan canggih terus diciptakan untuk memperkuat militernya. Lalu, bagaimana seragam pelindung militer paling canggih di dunia? Simak ulasan iNews.id yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini (3/6/2022).

Seragam pelindung militer paling canggih di dunia  Saat ini, seragam militer Rusia, bernama Ratnik-2 digadang-gadang menjadi seragam militer paling canggih di dunia. Ratnik-2 dilengkapi dengan 59 perlengkapan, termasuk helm, rompi serbu, dan pelindung paha serta bahu, headset, kacamata pelindung, alat pengintai, dan alat penggambaran optik dan termal yang mampu melindungi hampir 90 persen bagian tubuh prajurit militer. Seragam ini memiliki lima elemen yang terintegrasi dengan perlindungan terhadap serangan, pertahanan, kendali, bantuan hidup dasar, dan pasokan energi. 

Kelima elemen tersebut bekerja berdasarkan kondisi iklim dan sifat lingkungan. Terlebih, Ratnik-2 dilengkapi dengan fitur yang membuatnya susah dideteksi oleh inframerah sehingga prajurit militer bisa berkamuflase dengan baik. Seragam tersebut dapat melindungi prajurit militer dari serangan senapan runduk yang berbobot 10 kilogram. Ratnik-2 hadir dalam dua versi, yaitu versi musim dingin yang dilengkapi dengan pemanas pribadi dan versi musim panas.

Maka tak heran jika Ratnik-2 cocok digunakan di cuaca ekstrem bersuhu minus 30 hingga 50 derajat celcius. Pemerintah Rusia harus mengeluarkan budget yang tinggi untuk seragam tersebut karena harga satu set Ratnik setara dengan 200.000 rubels atau  Rp46,4 juta. Pada praktiknya, Ratnik-2 sudah digunakan oleh tentara Rusia saat melakukan penyerangan terhadap Ukraina sejak 24 Februari 2022. Meskipun sudah menjadi seragam militer yang canggih, Ratnik-2 disebut-sebut akan digantikan dengan seragam yang lebih canggih lagi di masa yang akan datang.
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut