Rekapitulasi Suara Tuntas, KPU Kota Madiun Gelar Rapat Pleno Tetapkan Hasil Pemilu 2024

Edi Purwanto
KPU Kota Madiun menggelar rapat pleno hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kota Madiun. Foto:Madiun Today

MADIUN, iNewsMadiun.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara dalam Pemilu 2024 tingkat kota di Bima Ballroom Aston Hotel Madiun, Rabu (28/2/2024).

Proses rekapitulasi suara tingkat kota dimulai pukul 09.00 WIB dan selesai pukul 14.30 WIB. "Kami sampaikan salinan hasil rekapitulasi kepada saksi pilpres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota, juga Bawaslu. Selanjutnya, akan kami umumkan kepada masyarakat dan kami laporkan kepada KPU provinsi dan pusat," ujar Ketua KPU Kota Madiun, Wisnu Wardhana melansir laman Madiun Today, Rabu (28/2/2024).

Rapat pleno diikuti sejumlah saksi parpol dari masing-masing peserta Pemilu 2024. Serta, dihadiri unsur Pemerintah Kota Madiun, TNI/ Polri, dan tokoh masyarakat. Agenda tersebut juga disiarkan secara live melalui akun YouTube KPU Kota Madiun. "Saksi kami berikan kesempatan untuk merespon. Jika sudah disepakati bersama, hasil akan dituangkan dalam berita acara (BA) untuk nantinya dijadikan surat keputusan (SK)," jelasnya.

Jika setelah itu masih ada permasalahan, lanjut Wisnu, peserta dapat mengajukan sengketa hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) maksimal 3 hari setelah KPU Pusat menetapkan hasil Pemilu. "Untuk itu, saya sampaikan kepada pihak yang akan mengajukan gugatan atau sengketa untuk mempersiapkan diri," imbuhnya.

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network