Puluhan Pejabat Strategis Pemkab Kepulauan Meranti Ikut Ditangkap, KPK Amankan Uang Tunai

Edi Purwanto, Arie Dwi Satrio
Bupati Meranti M Adil ditangkap bersama puluhan pejabat strategis, Kamis (6/4/2023) malam. Foto: Instagram muhammad_adil_riau

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya menangkap Bupati Kepulauan Meranti M Adil. Petugas menangkap puluhan pejabat yang menduduki jabatan strategis di Pemkab Kepulauan Meranti pada Kamis (6/4/2023) malam. Sebagai barang bukti, petugas mengamankan sejumlah uang namun belum dirilis jumlahnya. 

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. Foto Dok iNews.id

"Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (7/4/2023).

Petugas KPK juga mengamankan pihak swasta yang turut diamankan dalam operasi senyap tersebut. Belum diketahui, identitas para pihak yang diamankan dalam OTT di Kepulauan Meranti tersebut. "Dan juga ada pihak swasta," terang Ali. KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang terjaring dalam OTT di Kabupaten Kepulauan Meranti, tadi malam. KPK akan mengumumkan kronologis OTT serta pihak-pihak yang diamankan, hari ini.

Terkait barang bukti uang tunai, Ali menjelaskan, besar ataupun kecil jumlah uang yang berhasil diamankan dalam OTT di Kabupaten Kepulauan Meranti bukan faktor utama dalam pembuktian unsur korupsi. Terpenting ditemukan adanya bukti unsur tindak pidana korupsi berkaitan OTT tersebut.

"Sedikit atau banyak sama saja itu perbuatan korupsi, bahkan menerima janjipun bila itu ada transaksi terkait penyalahgunaan jabatan sebagai penyelenggara sudah masuk kategori tindak pidana korupsi," kata Ali.

https://www.inews.id/news/nasional/ott-bupati-meranti-kpk-turut-tangkap-puluhan-pejabat-strategis.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network