Sejarah Idul Adha dan Hikmah Berkurban

Muslim
Ilustrasi kurban(foto freepik)

JAKARTA, iNewsMadiun.id 

 Idul Adha di Indonesia pada tahun ini akan segera tiba dan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Tak jauh berbeda dengan Idul Fitri, Idul Adha juga dirayakan begitu semarak di tanah air, mulai dari saat salat id hingga penyembelihan hewan kurban. Namun sudah tahukah Anda sejarah hari raya tersebut? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai sejarah Idul Adha dan hikmah di balik berkurban yang patut untuk disimak.

Sebagaimana yang telah diketahui, Idul Adha juga bisa disebut sebagai Hari Raya Haji. Terdapat peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Ibrahim yang menjadi cikal bakal Idul Adha atau Hari Raya Haji.

Peristiwa tersebut bahkan termaktub dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 37.

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُواْ الصَّلاَةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ


Artinya: “Ya Tuhan kami sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di suatu lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumahmu (Baitullah) yang dimuliakan. Ya Tuhan kami (sedemikian itu) agar mereka mendirikan shalat. Maka jadikanlah gati sebagia manusia cenderung kepada mereka dan berizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.”

Dari ayat tersebut diketahui bahwa Nabi Ibrahim telah mendapat perintah dari Allah untuk menempatkan istrinya, Siti Hajar bersama Nabi Ismail putranya, yang saat itu masih menyusu. 

Tak tanggung-tanggung, keduanya ditempatkan di suatu lembah yang tandus, gersang, dan tidak tumbuh sebatang pohon pun. Karena begitu tandus, Siti Hajar bahkan sempat kehabisan air minum hingga tidak bisa menyusui Nabi Ismail.

Beliau pun begitu panik ketika Nabi Ismail menangis tanpa henti saat kehausan dan mencari air ke sana kemari sambil berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali. 

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network