get app
inews
Aa Read Next : Begini Kesaksian Tentara Ukraina Perang Lawan Rusia: Drone Dibajak hingga Dihujani Artileri

Aksara "Z" belakangan Ini Dianggap Menjadi Dukungan Atas Keputusan Rusia, Memang Apa Atinya?

Rabu, 09 Maret 2022 | 13:35 WIB
header img

MOSKOW, iNewsMadiun.id - Beberapa waktu belakangan aksara “Z” dipandang sebagai simbol pro-perang, dianggap menjadi dukungan atas keputusan Presiden Vladimir Putin untuk melancarkan operasi militer ke Ukraina.

Simbol ini telah digunakan oleh para politisi, bahkan atlet, dan terlihat di kaca mobil, van, papan iklan, hingga halte bus, seperti terlihat pada banyak foto yang beredar di media sosial.

Namun, apa arti dari “Z” tersebut? Mengapa aksara ini menjadi simbol yang digunakan kelompok pendukung aksi militer Rusia ke Ukraina?

Meski huruf “z” dalam alfabet Cyrilic yang digunakan di Rusia memiliki bentuk berbeda dan terlihat sepert angka 3, sebagian besar orang Rusia mengenali huruf latin yang digunakan. Emily Ferris Rusia dan Eurasia Research Fellow di Royal United Services Institute (RUSI) mengatakan bahwa “Z” adalah sebuah simbol yang kuat dan mudah dikenali.

"Seringkali dengan propaganda hal-hal paling sederhana paling cepat dikenali," katanya sebagaimana dilansir BBC. "Terlihat agak mengintimidasi dan cukup mencolok. Dari perspektif estetika, itu adalah simbol yang sangat kuat."

Terbukti hanya dalam waktu singkat “Z” menyebar di antara para pendukung aksi militer Rusia ke Ukraina.

Beberapa teori telah beredar tentang apa arti sebenarnya dari simbol "Z". Ini pertama kali menarik perhatian di media sosial setelah tank Rusia dengan simbol "Z" di sampingnya terlihat dalam perjalanan ke Ukraina.

Awalnya, diperkirakan bahwa "Z" sebenarnya adalah angka "2", mewakili 22 Februari (22/2/2022), hari dimana Rusia meratifikasi kesepakatan tentang "persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik" dengan wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur, Donetsk dan Luhansk.

Tapi sekarang diyakini simbol itu hanyalah cara bagi militer Rusia untuk mengidentifikasi kekuatannya sendiri, meski ada beberapa intepretasi lain mengenai simbol ini.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut