get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Update Perang Rusia-Ukraina: Ukraina Buka Penyelidikan Penjara Dibom Tewaskan 40 Tawanan Perang

Jum'at, 29 Juli 2022 | 23:19 WIB
header img
Pemandangan mengerikan penjara Yelenovka, Donetsk, tempat menampung tawanan perang asal Ukraina yang dibombardir (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsMadiun.id - Ukraina membuka penyelidikan atas serangan terhadap penjara di Yelenovka, Donetsk, yang dihuni tawanan perang. Serangan pada Jumat (29/7/2022) itu menewaskan 40 tawanan perang yang merupakan tentara dan pejuang Ukraina serta melukai sekitar 130 lainnya.

 

Kantor Kejaksaan Agung Ukraina menggelar pra-persidangan atas serangan tersebut. 

 

"Negara penjajah menyerang lembaga pemasyarakatan wilayah No 120," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters.

 

Masing-masing pihak saling tuduh atas serangan tersebut. Sebelumnya militer Ukraina membantah tentaranya menembak penjara yang berada di wilayah dikuasai Rusia dan kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk (DPR) tersebut. Ukraina justru menuduh pasukan Rusia yang melakukannya dengan serangan artileri.

 

"Angkatan bersenjata Federasi Rusia melakukan serangan artileri yang ditargetkan terhadap lembaga pemasyarakatan di permukiman Yelenovka, tempat tawanan Ukraina juga ditahan," bunyi pernyataan Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

"Dengan cara ini, penjajah Rusia mencapai tujuan jahat mereka, menuduh Ukraina melakukan 'kejahatan perang' serta menutupi penyiksaan dan eksekusi terhadap tahanan."

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut