Logo Network
Network

7 Negara di Dunia yang Mirip Indonesia, No 1 Seperti Tanah Air Kedua

Edi Purwanto
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 16:54 WIB
7 Negara di Dunia yang Mirip Indonesia, No 1 Seperti Tanah Air Kedua
Wanita berdarah Jawa di Suriname (Foto: Quora)

1.Kepulauan Cocos

(Kepulauan Cocos, Foto: Instagram/@trendingyacht)

Mayoritas warga kepulauan Cocos merupakan keturunan Melayu Kalimantan, dan Jawa. Sebanyak 75 persen penduduknya beragama Islam. Pada tahun 1827, pekerja Jawa dan Melayu Kalimantan dibawa ke Kepulauan Cocos untuk memanen kelapa. Dilansir Wikipedia, Kepulauan Cocos (Keeling) pertama kali dilihat oleh Kapten William Keeling ketika dia sedang melayani Perusahaan Hindia Timur Britania. Saat itu, kepulauan tersebut tidak berpenghuni dan Keeling maupun pelayar lainnya tidak berusaha untuk menempatinya hingga abad ke-19, tetapi Kapten Keeling dihormati sebagai penemu pertama dengan penganugerahan nama keluarganya sebagai bagian dari nama kepulauan tersebut. 

Terlepas dari eksistensi negerinya yang mungkin asing di telinga, namun siapa sangka jika ternyata penduduk pulau ini juga ada yang bisa menggunakan bahasa Jawa. Bahkan lambang negaranya menggunakan percampuran Jawa dan Melayu.Terletak di daerah laut Hindia bagian barat, dulu orang Jawa dan Melayu dibawa ke daerah ini oleh koloni Inggris. Akhirnya sampai sekarang mereka menetap di sana.Alhasil, 80 persen dari koloni di Coco Island adalah orang Jawa dan Melayu. Meskipun bahasanya sudah banyak mengalami perubahan, namun masih terasa Jawanya


Itulah 7 negara yang mirip Indonesia. Jadi tahu kan bila kita berkunjung ke luar negeri dan ketemu dengan saudara yang mirip dengan Indonesia. Semoga menambah wawasan kita ya.
 
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.