Logo Network
Network

7 Negara di Dunia yang Mirip Indonesia, No 1 Seperti Tanah Air Kedua

Edi Purwanto
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 16:54 WIB
7 Negara di Dunia yang Mirip Indonesia, No 1 Seperti Tanah Air Kedua
Wanita berdarah Jawa di Suriname (Foto: Quora)


MADIUN, iNewsMadiun.id - Migrasi dan penjajahan adalah faktor penting kenapa banyak negara mirip dengan Indonesia. Setidaknya ada 7 negara yang mirip Indonesia. Selain mirip karena faktor bendera, ada pula kemiripan karena suku, bahasa, agama dan ras. Jadi jangan heran bila berkunjung ke 7 negara yang Indonesia ini seperti pulang ke kampung halaman. Dilansir akun @angka & data chanel, simak ulasan berikut ini:

7 Negara yang Mirip Indonesia  

7. Madagaskar
Negara Madagaskar yang terletak di Afrika bagian timur ini sebagian besar penduduknya mirip masyarakat Indonesia. Menurut hasil penelitian studi Murray Cox dari Massey University di Selandia Baru, Nenek moyang Madagaskar berasal dari Indonesia.

(Madagaskar, Foto: Instagram/@laiacruzmarco)

Dahulu, 30 wanita pertama mendarat di pulau berasal dari Indonesia. Mereka tiba pada abad ke-9 Masehi atau lebih dari 1.000 tahun yang lalu, dan secara turun-temurun menjadi koloni suku Malagasi, hingga kini terus bertambah mencapai 29,6 juta jiwa dan beribukota di Antananarivo.

6. Monaco

Negara yang satu ini sering diperbincangkan masyarakat Indonesia karena kemiripan warna pada bendera. Warna bendera merah dan putih, dan penempatan warna merah di atas, putih di bawah sulit membedakan kedua bendera dari dua negara tersebut.

(Monaco, Foto: Dok. Michael Alesi)

Namun, terdapat perbedaan dalam ukuran, bendera Indonesia memiliki 2:3 rasio lebar dan panjang, yang tampak lebih panjang dan ramping, sedangkan Monaco 4:5 rasio lebar dan panjang, hampir mendekati bentuk persegi.

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.