Desa Maroko Mendadak Viral usai Timnas Maroko Bekuk Spanyol, Begini Asal Usulnya

Fany Ferdiansyah
.
Kamis, 08 Desember 2022 | 13:58 WIB
Dukungan untuk Yassine Bounou Cs pun kian subur setelah Maroko melucuti mimpi Spanyol memenangi Piala Dunia 2022. (Ist)

GARUT, iNewsMadiun.id - Desa Maroko Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendadak ramai diperbincangkan. Foto papan nama desa juga berseliweran di media sosial. Nama Desa Maroko viral seiring lolosnya timnhas Maroko ke babak 8 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Faktor kesamaan nama negara Maroko dengan Desa Maroko di Kecamatan Cibalong, memicu dukungan kepada Achraf Hakimi dkk mengalahkan Portugal pada babak 8 besar nanti. Selain itu, faktar kesamaan agama yang dipeluk mayoritas oleh warga Maroko dan Indonesia, membuat dukungan terhadap timnas Maroko marak di Indonesia.

Dukungan untuk Yassine Bounou Dkk pun kian subur setelah Maroko melucuti mimpi Spanyol memenangi Piala Dunia 2022. Kepala Desa Maroko, Suryana mengaku bangga atas kemenangan yang ditorehkan oleh salah satu negara di kawasan Afrika Utara itu. Ia mengamini jika kesamaan nama dengan desa yang dipimpinnya menjadi salah satu alasan kenapa Suryana mendukung penuh Timnas Maroko.

"Semoga Maroko bisa menang Piala Dunia 2022 di Qatar. Desa kami memiliki kesamaan nama, meski sejarah penamaan ini tentu berbeda dengan penamaan negara Maroko," tutur Suryana saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (8/12/2022). Ia meriwayatkan, menurut sejarahnya, penamaan Desa Maroko bermula dari nama kampung asal Kepala Desa Maroko pertama di tahun 1964 silam, Haji Umar, yakni Kampung Maroko.

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini