get app
inews
Aa Read Next : Kim Yuna Cheerleader Klub Bisbol Kia Tigers Korban Tewas Tragedi Itaewon

Produser Film Cantik Australia Ikut Jadi Korban Tewas Tragedi Itaewon, Total Korban Tewas 154 orang

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:20 WIB
header img
Grace Rached (23), produser film asal Sydney, Australia, berada di antara 154 orang yang tewas dalam tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Foto/Instagram via news.com.au

SEOUL, iNewsMadiun.id - Korban tewas Tragedi Itaewon bertambah. Produser film asal Sydney, Australia, Grace Rached (23), ternyata berada di antara 154 korban tewas dalam tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel). Perempuan cantik itu ambil bagian dalam pesta Halloween yang membanjiri gang sempit di distrik kehidupan malam Seoul pada Sabtu (29/10/2022).

Itu menyebabkan kerumunan massa mematikan. Awalnya, korban tewas dilaporkan sekitar 150 orang termasuk 22 warga asing. Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan sejauh ini ada dua warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban luka. Sementara Rached sedang berlibur di Korea Selatan bersama teman-temannya, termasuk Nathan Taverniti, yang mengoperasikan TikTok beberapa jam setelah kematiannya untuk membagikan apa yang telah disaksikannya.

“Saya ada di sana ketika dia mengatakan dia tidak bisa bernapas dan saya meraih salah satu tangan teman saya,” kata Taverniti di sela-sela tangisnya, seperti dikutip news.com.au, Senin (31/10/2022). Hingga Minggu malam, para pejabat menyebutkan jumlah korban tewas sebanyak 154 orang dan jumlah orang yang terluka sebanyak 133 orang.

Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan setempat mengatakan jumlah kematian bisa meningkat di mana 37 orang terluka dalam kondisi serius. Taverniti mengatakan insiden itu dapat dihindari dan merupakan akibat dari pihak berwenang setempat yang tidak mempersiapkan diri secara memadai untuk kerumunan massa. "Itu bukan penyerbuan, itu adalah berjejalan yang lambat dan menyakitkan," katanya.

“Keterkaitan ini bukan karena orang mabuk. Ini adalah kurangnya perencanaan, kepolisian dan layanan darurat." Dia mengatakan butuh setengah jam bagi polisi untuk tiba, satu jam lagi untuk bala bantuan dan bahkan lebih lama untuk layanan darurat lainnya. “Tidak ada yang mau membantu. Saya menyaksikan orang-orang merekam dan bernyanyi dan tertawa saat teman-teman saya sekarat, bersama dengan banyak orang lainnya,” katanya.

“Saya ada di sana mencoba menarik orang keluar karena tidak ada cukup petugas polisi dan tidak ada yang melakukan apa pun untuk membuat kerumunan berhenti," ujarnya. “Kami berteriak, kami mengatakan 'Anda harus kembali, Anda harus berbalik, orang-orang sekarat', tetapi tidak ada yang mendengarkan," katanya. “Ada orang-orang yang tergeletak di tanah mendapatkan CPR, bukan oleh profesional kesehatan, oleh orang-orang acak, siapa pun yang bisa.”

Dua teman lain yang bersamanya malam itu berada dalam kondisi kritis di rumah sakit. "Saya sedih. Saya hancur oleh situasi, yang bisa dengan mudah dihindari, tetapi tidak ada yang mau mendengarkan," katanya. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan tragedi itu telah memengaruhi keluarga Rached dengan cara yang paling keras.

"Ini adalah orang-orang yang keluar untuk merayakan Halloween, keluar untuk bersenang-senang dan pulang dengan selamat," katanya. “Tragedi ini telah berdampak pada orang-orang di Korea Selatan pada khususnya. Tapi itu juga berdampak, dengan cara yang paling keras, satu keluarga Australia dan warga Australia lainnya yang terluka dalam insiden ini," imbuh dia. “Kami hanya berharap semua orang itu segera pulih.”

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 31 Oktober 2022 - 12:30 WIB oleh Muhaimin dengan judul "Tragedi Halloween Itaewon: Korban Tewas 154 Orang Termasuk Produser Cantik Grace Rached". Untuk selengkapnya kunjungi: https://international.sindonews.com/read/927799/40/tragedi-halloween-itaewon-korban-tewas-154-orang-termasuk-produser-cantik-grace-rached-1667193039?showpage=all
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut