get app
inews
Aa Read Next : Siapa Personel BLACKPINK Paling Tomboi? Penggemar: Lisa Jawabannya

Terjadi 68 Kali Gempa Bumi Susulan di Tapanuli Utara, 1 Warga Tewas dan 9 Lainnya Terluka

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 15:45 WIB
header img
Kerusakan akibat gempa bumi yang mengguncang Tapanuli Utara, Sabtu (1/10/2022). (Foto: BPBD Sumut)

Gempa Susulan

Gempa susulan terus terjadi setelah gempa bumi magnitudo 5,8 yang mengguncang Tapanuli Utara, pukul 02.28 WIB, Sabtu (1/10/2022). BMKG mencatat terjadi 68 gempa susulan hingga pukul 10.00 WIB. "BMKG mencatat 68 gempa susulan (aftershocks) pasca Mag. 5,8 di Tarutung," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikutip melalui akun Twitter @DaryonoBMKG.

Update gempa bumi Tapanuli Utara, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Twitter @DaryonoBMKG)

Dari 68 gempa susulan itu, magnitudo tertinggi yakni 5,1. Getaran gempa cenderung menurun dengan magnitudo terakhir yakni 2,4. Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak langsung terbang ke lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Kapolda terbang ke Taput dengan menumpang helikopter usai gempa bermagnitudo 5,8 mengguncang daerah tersebut pada dini hari. Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, Kapolda terbang ke Tarutung untuk memastikan upaya evakuasi dan rehabilitasi pascagempa berjalan baik. Termasuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berjalan kondusif. 

 "Pak Kapolda Sumut naik heli terbang ke Taput," ujar Hadi, Sabtu (1/10/2022). Selain untuk memastikan kondisi warga Tapanuli Utara dalam kondisi baik, Kapolda juga memberikan bantuan kesehatan bagi korban terluka akibat guncangan gempa.   "Untuk data warga yang terluka maupun rumah rusak akibat gempa masih dalam pendataan," kata Hadi. 
 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut