get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Putin Larang Investor Barat Jual Saham di Perbankan dan Proyek Energi Utama Hingga Akhir 2022

Minggu, 07 Agustus 2022 | 21:58 WIB
header img
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsMadiun.id - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengeluarkan deakrit yang melarang investor menjual saham di proyek-proyek energi utama dan perbankan hingga akhir 2022. Ketentuan itu diberlakukan untuk investor Barat atau negara-negara yang disebut tidak bersahabat oleh Pemerintah Rusia. 

 

Seperti diketahui, negara-negara Barat dan sekutunya, termasuk Jepang, telah memberlakukan pembatasan keuangan pada Rusia sejak mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari 2022, namun lewat dekrit terbaru yang dikeluarkan Putin, Kremlin membalas dengan menghambat bisnis Barat dan sekutu mereka meninggalkan Rusia, dan dalam beberapa kasus mengancam menyita aset mereka.

 

Dekrit yang diterbitkan pada Jumat (5/8/2022), melarang investor dari negara-negara yang mendukung sanksi terhadap Rusia untuk menjual aset mereka dalam perjanjian bagi hasil (PSA), bank, entitas strategis, perusahaan yang memproduksi energi, mulai dari produksi minyak dan gas hingga batubara dan nikel.

 

Presiden Putin dapat mengeluarkan pengabaian khusus dalam kasus-kasus tertentu agar kesepakatan tetap berjalan, kata dekrit itu, dan pemerintah serta bank sentral harus menyiapkan daftar bank untuk persetujuan Kremlin. 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut