get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

11 Negara AFF yang menolak Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan gabung ke EAFF

Kamis, 28 Juli 2022 | 22:10 WIB
header img
11 Negara Tolak Timnas Indonesia Tinggalkan AFF (Foto: PSSI)

Jika Timnas mentas dari AFF, itu jelas akan menjadi kerugian besar bagi Federasi Sepakbola Asia Tenggara tersebut. Jika itu terjadi, exposure dipastikan menurun karena media-media Indonesia tidak lagi menyoroti AFF.

Pendapatan juga pasti akan menurun lantaran dukungan masif dari suporter Indonesia juga akan ikut pergi. Selain itu, persaingan juga dinilai tidak akan berkembang karena AFF pasti hanya akan didominasi 3 kekuatan besar yakni Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Oleh sebab itu, 11 negara anggota AFF yang terdiri dari Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Myanmar, Filipina, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Australia tentu berpotensi menolak jika Indonesia keluar dari federasi.

 

Iwan Bule Pastikan Indonesia Tidak Hengkang dari AFF

Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengindikasikan Federasi Sepakbola Indonesia bertahan di AFF. Ia mengatakan takkan mudah bagi Indonesia meninggalkan Asia Tenggara dan hengkang ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

"Saya tidak mengatakan kami akan keluar dari AFF. Saya hanya menyampaikan keinginan warganet. Tidak pernah. Tolong ini diperhatikan," kata Mochamad Iriawan di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu 23 Juli 2022.

"Kami harus meneliti, menganalisis, tidak bisa membuat keputusan begitu cepat. Ini adalah asosiasi negara-negara ASEAN, secara politik kita berdiri bersama dalam asosiasi ini", lanjut Iwan Bule.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut