get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

11 Negara AFF yang menolak Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan gabung ke EAFF

Kamis, 28 Juli 2022 | 22:10 WIB
header img
11 Negara Tolak Timnas Indonesia Tinggalkan AFF (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Sampai saat ini, rumor soal Timnas yang didesak keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) masih jadi topik menarik. Ada 11 Negara AFF yang disebut menolak Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan gabung ke EAFF.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI belakangan mendapat desakan dari banyak pencinta sepakbola Tanah Air untuk hengkang dari AFF.

Hal itu tak lain karena persaingan sepakbola di Asia Tenggara dinilai tidak lagi sehat. Salah satu alasannya adalah adanya dugaan praktik sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022.

Kabar tersebut semakin santer setelah Indonesia dirumorkan ingin bergabung Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

 

11 Negara Tolak Timnas Indonesia Tinggalkan AFF?

Santernya kabar Timnas Indonesia tinggalkan AFF diperpanas dengan jumlah pengikut akun Instagram EAFF, @EAFF_Official yang naik secara drastis. Karena keinginan pencinta sepakbola Tanah Air yang ingin melihat Timnas Indonesia bermain di EAFF, media sosial EAFF dibanjiri puluhan ribu followers baru.

Pada hari Kamis 14 Juli 2022 lalu, terpantau bahwa pengikut akun EAFF masih di angka 800. Namun karena santernya kabar Indonesia akan pindah ke EAFF, akun tersebut ini telah diikuti 47,3 followers pada Kamis, 28 Juli 2022. Sebagian pengikut akun East Asian Football Federation itu diduga adalah pencinta sepak bola Tanah Air.

Jika Timnas mentas dari AFF, itu jelas akan menjadi kerugian besar bagi Federasi Sepakbola Asia Tenggara tersebut. Jika itu terjadi, exposure dipastikan menurun karena media-media Indonesia tidak lagi menyoroti AFF.

Pendapatan juga pasti akan menurun lantaran dukungan masif dari suporter Indonesia juga akan ikut pergi. Selain itu, persaingan juga dinilai tidak akan berkembang karena AFF pasti hanya akan didominasi 3 kekuatan besar yakni Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Oleh sebab itu, 11 negara anggota AFF yang terdiri dari Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Myanmar, Filipina, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Australia tentu berpotensi menolak jika Indonesia keluar dari federasi.

 

Iwan Bule Pastikan Indonesia Tidak Hengkang dari AFF

Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengindikasikan Federasi Sepakbola Indonesia bertahan di AFF. Ia mengatakan takkan mudah bagi Indonesia meninggalkan Asia Tenggara dan hengkang ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

"Saya tidak mengatakan kami akan keluar dari AFF. Saya hanya menyampaikan keinginan warganet. Tidak pernah. Tolong ini diperhatikan," kata Mochamad Iriawan di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu 23 Juli 2022.

"Kami harus meneliti, menganalisis, tidak bisa membuat keputusan begitu cepat. Ini adalah asosiasi negara-negara ASEAN, secara politik kita berdiri bersama dalam asosiasi ini", lanjut Iwan Bule.

Berdasarkan pernyataan tersebut, PSSI hampir pasti bertahan di AFF. Hal itu berarti, Timnas Indonesia kembali unjuk gigi di Piala AFF 2022 yang dijadwalkan digelar pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.

 

Media Vietnam Tantang Timnas Indonesia?

Terkait hal tersebut, media asal Vietnam, Soha.vn baru-baru ini dikabarkan 'menantang' Tim Nasional Indonesia untuk mengalahkan Thailand dan Vietnam di Piala AFF 2022 Desember mendatang.

Media Vietnam itu menyebut Timnas Indonesia lebih baik mengalahkan dulu dua tim terkuat di Asia Tenggara tersebut ketimbang memikirkan hijrah ke EAFF.

"PSSI ubah taktik, mampukah Indonesia kalahkan Thailand dan Vietnam," tulis Soha.vn pada judul artikelnya, Kamis (28/7/2022).

Dalam artikelnya, Soha.vn menganggap bahwa kans Timnas Indonesia untuk mengalahkan Thailand dan Vietnam masih sangat terbuka di ajang Piala AFF 2022. Media tersebut juga menyinggung kehadiran pemain naturalisasi, Jordi Amat yang mungkin akan menyokong Timnas untuk mengalahkan Thailand atau Vietnam.

Lepas apakah pernyataan itu diartikan tantangan atau tidak, hal tersebut membuktikan bahwa negara tetangga seolah tidak rela jika Timnas Indonesia tinggalkan AFF dan hijrah ke EAFF.

iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut